Advertisement

Awas! Gelombang di Pantai DIY Hari Ini Diprediksi Sangat Tinggi

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 06 Agustus 2022 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Awas! Gelombang di Pantai DIY Hari Ini Diprediksi Sangat Tinggi Kondisi di Pantai Indrayanti, Tepus, Kecamatan Tepus bersih setelah diterjang gelombang tinggi, Sabtu (9/5/2020). - Ist/ Dok SAR Satlinmas Wilyaah II DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap mengeluarkan peringatan dini adanya gelombang tinggi di sejumlah perairan di Jawa, termasuk di DIY, Sabtu (6/8/2022).

Dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, peringatan dini berlaku mulai hari ini pukul 7.00 WIB hingga esok hari, Minggu (7/8/2022) di jam yang sama.

Advertisement

Dalam keterangannya dijelaskan gelombang yang menerjang wilayah perairan selatan DIY diperkirakan mencapai 4-6 meter atau masuk kategori gelombang sangat tinggi. Selain Samudera Hindia Selatan DIY, gelombang tinggi juga diprediksi terjadi di Cilacap, Kebumen, dan Purworejo.

Baca juga: Awas! Tinggi Gelombang Laut di DIY Hari Ini Diprediksi Sampai 6 Meter

BMKG mengimbau para pelaku pelayaran dan juga masyarakat pesisir untuk memerhatikan peringatan tersebut. "Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tulis BMKG dikutip Harianjogja.com.

Dijelaskan pula bahwa pola angin di wilayah Indonesia bagian Utara dominan bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 6-15 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8-20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Samudera Hindia selatan Banten, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Timur mencapai 20 knot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : BMKG

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement