Advertisement

Semakin Diminati, 108 Murid Jogja Ikuti Sekolah Sungai

Sirojul Khafid
Kamis, 11 Agustus 2022 - 10:17 WIB
Sirojul Khafid
Semakin Diminati, 108 Murid Jogja Ikuti Sekolah Sungai para murid sedang memungut sampah di Kali Code, Yogyakarta, beberapa waktu lalu. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 108 murid mengikuti Sekolah Sungai di Kali Code. Jumlah ini terdiri dari 34 murid SMA Negeri 8 Yogyakarta dan 74 Murid SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta.

Kegiatan belajar tentang seluk beluk sungai dan lainnya ini berlangsung 6 dan 10 Agustus 2022 lalu. Rombongan murid dari kelas perbakatan dan riset SMAN 8 Yogyakarta dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Untari. Sedangkan dari SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta dipimpin oleh Kepala Sekolah Esti Priyastini.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Pengajar Sekolah Sungai, Harris Syarif Usman, mengatakan para murid belajar melestarikan sungai yang merupakan sumber kehidupan. Pembelajaran ini juga terkait sungai yang masuk dalam ranah Sumbu Filosofi Yogyakarta.

“Dalam program Sekolah Sungai ini, diberikan pengetahuan tentang ekologi sungai, bencana banjir dan longsor, sempadan, mata air, konservasi, biota sungai dan pencemaran sungai, serta ekowisata,” kata Harris, Kamis (11/8/2022).

BACA JUGA: Puluhan Santri Rehabilitasi Narkoba Mengikuti Kegiatan Khotmil Qur’an

“Para murid juga diajak untuk melakukan tebar benih endemik, pungut sampah plastik serta pemilahan sampah dan pembibitan serta penanaman pohon.”

Sekolah Sungai, kata Harris, semakin ke sini semakin banyak dimintai anak-anak dan sekolah. Hal ini salah satunya sejak adanya kurikulum merdeka. dengan adanya Sekolah Sungai, Harris berharap pemahaman anak-anak tentang sungai sebagai generasi masa depan semakin baik.

Pada saatnya nanti, generasi ini yang juga akan berperan penting dalam melestarikan alam, termasuk di dalamnya sungai.

BACA JUGA: Biologi Berperan Penting dalam Pembangunan IKN Berkelanjutan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Khawatir Anaknya Minum Obat Sirop Praxion, Gibran: Medeni Ya

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement