Advertisement

Bregada Jaga Malioboro Ikut Ramaikan Dasawarsa Keistimewaan DIY

Sunartono
Jum'at, 12 Agustus 2022 - 06:37 WIB
Sirojul Khafid
Bregada Jaga Malioboro Ikut Ramaikan Dasawarsa Keistimewaan DIY Bregada Wirososro yang difasilitasi Dinas Pariwisata DIY saat bertugas di kawasan Malioboro, Jogja, Sabtu (6/8/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bredaga Jaga Malioboro yang difasilitasi Dinas Pariwisata (Dispar) DIY ikut meramaikan perayaan Dasawarsa Keistimewaan DIY, yang berlangsung sejak 10 Agustus 2022 hingga 10 September 2022. Bregada Jaga Malioboro selama ini telah disiagakan untuk menjaga kawasan Malioboro serta memberikan informasi dan edukasi kepada para wisatawan.

Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY, Kurniawan, menjelaskan selama ini Bregada Jaga Malioboro dengan difasilitasi Dispar DIY diberikan ketugasan untuk menjaga kawasan Malioboro. Para personel bregada ini berasal dari beberapa kelurahan yang berada di sekitar Malioboro.

Pada perayaan Dasawarsa Keistimewaan DIY ini, para Bregada Jaga Malioboro ini juga ikut terlibat. Mereka, salah satunya, bertugas menjaga saat pembukaan perayaan Dasawarsa Keistimewaan DIY pada Rabu (10/8/2022) malam.

“Dalam menyambut dasawara keistimewaan yang berlangsung dari 10 Agustus sampai dengan 10 September, kami ikut memeriahkan peringatan itu melalui Bregada Jaga Malioboro. Sehingga melibatkan teman-teman bregada di kawasan Malioboro untuk turut serta bertugas. Saat pembukaan mereka bertugas di Gerbang Barat Kompleks Kepatihan,” katanya, Kamis (11/8/2022).

BACA JUGA: Penataan Pedestrian Senopati Dukung Wisata Malioboro

Kasi Pengelolaan Objek Daya Tarik Wisata Dispar DIY, Ndari Susanti, menambahkan selama perayaan Dasawarsa Keistimewaan DIY ini, para Bregada tetap menjalankan tugas, terutama pada Sabtu dan Minggu. Pemilihan pada akhir pekan tersebut karena saat ini banyak wisatawan, keberadaan Bregada diharapkan turut memberikan edukasi maupun informasi ke wisatawan.

“Sabtu Minggu, alasannya karena load kunjungan wisatawan pada akhir pekan itu. Jumlah personelnya 23 orang itu bertugas di berbagai titik kawasan Malioboro. Seperti di Teras Malioboro, di depan Grand Inna Malioboro dan Malioboro Mal, depan Gerbang Barat Kepatihan, Ketandan, Titik Nol Kilometer,” ujarnya.

Banyak wisatawan yang langsung bertanya kepada Bregada Jaga saat bertugas tentang berbagai informasi di Malioboro. Oleh karena itu, semua personel Bregada merupakan warga kalurahan yang berada di sekitar kawasan Malioboro. Harapannya bisa memberikan informasi lebih detail ketika ada wisatawan yang bertanya.

“Sore hari itu kan padat-padatnya wisatawan, mereka selain menjadi ikon DIY juga sebagai agen Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE). Masih mengingatkan protokol kesehatan. Selain itu sebagai ikon bregada Jogja. Memberikan informasi tentang berbagai hal,” katanya.

Bregada yang dilibatkan tersebut melalui pemberdayaan warga di sekitar Malioboro. Terdiri atas kelompok Bregada Saekakapti dan Wirososro dari Kelurahan Sosromenduran, Bregada Reksowinongo dari Kelurahan Ngampilan dan Bregada Suryatmaja dari Kelurahan Suryatmajan.

Advertisement

BACA JUGA: Jejak Perkuliahan UGM Tempo Doeloe dari Kraton Jogja ke Bulaksumur Dipamerkan 

“Banyak yang minta foto, karena memang atraksi bregada ini tidak ada di tempat lain, adanya di Jogja khususnya Malioboro. Memang antusias wisatawan untuk berfoto sangat tinggi,” ujarnya.

Salah satu anggota Bregada Wirososro, Ardian, mengakui banyaknya antusias wisatawan berfoto bersama. Selain itu tak sedikit mereka juga bertanya berbagai informasi terkait Malioboro. “Mungkin karena di lokasi lain tidak ada, jadi bagi wisatawan menarik, dalam sekali jaga itu rata-rata lebih dari 50 kelompok wisatawan yang minta foto bersama,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

40 Pos Ronda di Banyumas Ikuti Lomba Pos Ronda Beda Masa Satu Rasa

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement