Advertisement

Selain Lomba, Ini 4 Kebiasaan Orang Indonesia Menjelang HUT RI

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 14 Agustus 2022 - 18:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Selain Lomba, Ini 4 Kebiasaan Orang Indonesia Menjelang HUT RI Ilustrasi. - Everypixel

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Banyak kegiatan yang dilakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI. Menjelang 17 Agustus, sederet agenda biasanya sudah dilaksanakan untuk memeriahkan hari ulang tahun Indonesia ini. 

Salah satu kegiatan yang familiar karena menjadi tradisi warga Indonesia adalah lomba. Biasanya setiap dusun atau kampung menggelar kegiatan ini yang diperuntukkan bagi anak-anak maupun dewasa. Ada lomba panjat pinang, makan kerupuk, lari kelereng, pukul air, hingga lomba tarik tambang antar RT. 

Baca juga: Sambut Kemerdekaan Indonesia, The Rich Jogja Hotel Tawarkan Promo Food and Beverage

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Namun selain lomba, ada agenda lain yang biasa dilaksanakan warga Indonesia. Berikut ini laporan Harianjogja.com terkait agenda menjelang 17 Agustus selain lomba:

1. Gotong Royong

Sudah menjadi tradisi warga Indonesia, gotong royong menjadi agenda rutin menjelang 17 Agustus. Kegiatan ini sebenarnya kerap dilaksanakan masyarakat terutama di daerah pedesaan untuk membersihkan area lingkungan tempat tinggal. Namun khusus Bulan Agustus, gotong royong secara spesial dilakukan lebih gayeng agar kebersihan kampung tempat tinggal yang bersih semakin menyemarakkan agenda tujuhbelasan. 

2. Cat Gapura

Agenda lain selain gotong royong adalah mengecat gapura. Biasanya kegiatan ini dilakukan para pemuda atau karang taruna. Mereka bantu-membantu untuk membaharui warna gapura di tempat tinggalnya. Jika tidak mengecat ulang dengan warna yang sama, biasanya mereka akan memilih warna baru agar suasana pintu masuk lingkungannya tampil beda. 

3. Memasang Bendera

Hal wajib sebagai warga negara Indonesia saat Agustus adalah memasang bendera merah putih, bendera Negara Indonesia. Setiap rumah akan dipasangi bendera di halamannya. Tak hanya bendera, untuk semakin memeriahkan HUT RI, dipasang pula umbul-umbul dengan warna yang lebih beragam. 

4. Malam Tirakatan

Di Jogja, malam 17 Agustus atau tanggal 16 Agustus malam banyak dimanfaatkan warga untuk menggelar malam tirakatan. Seluruh warga kampung atau kompleks akan berkumpul di salah satu tempat, baik balai dusun atau lapangan untuk menggelar acara ini. Biasanya kegiatan ini diisi dengan pentas seni anak-anak, karang taruna, hingga ibu-ibu PKK, sekaligus pembagian hadiah atas lomba-lomba yang sudah diikuti sebelumnya. 

Itulah empat kegiatan yang biasa dilakukan menjelang 17 Agustus. Di daerahmu ada kegiatan apa lagi?

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kantor Tesla di Jerman Kebakaran selama 5 Jam

News
| Jum'at, 30 September 2022, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement