Advertisement

HUT ke-77 RI, 10 Narapidana di Lapas Cebongan Raih Remisi Bebas

Anisatul Umah
Rabu, 17 Agustus 2022 - 12:57 WIB
Jumali
HUT ke-77 RI, 10 Narapidana di Lapas Cebongan Raih Remisi Bebas Ilustrasi: Dua narapidana mendapat remisi. - Antara\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Sebanyak 117 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cebongan, Sleman mendapatkan remisi pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

Dari 117 narapidana yang mendatkan remisi, 10 di antaranya langsung bebas. Sisanya, 107 narapidana lainnya masih melanjutkan masa hukumannya.

Kepala Subsi Registrasi dan Binmas Lapas Kelas II B Cebongan, Sleman, Bakhtiar R mengatakan jumlah narapidana yang mendapat remisi tahun ini lebih sedikit daripada tahun lalu.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

“Tahun lalu, ada 126 narapidana [yang mendapatkan remisi], sedangkan untuk tahun ini ada 117 narapidana,” katanya, Rabu (17/8/2022).

Ia menjelaskan narapidana yang mendapatkan remisi umum adalah mereka yang minimal berkelakuan baik selama enam bulan dan memenuhi syarat pemberkasan.

Selain itu, remisi diberikan berdasarkan persetujuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Kantor Wilayah Kemenkumham DIY. “Dari 117 narapidana tersebut, 10 di antaranya langsung bebas,” ungkapnya.

Menurutnya, sepuluh narapidana yang langsung mendapatkan remisi bebas mengikuti kegiatan upacara bendera peringatan HUT RI ke-77. Setelah sebelumnya pada 15 Agustus 2022 SK remisi diberikan oleh Gubernur.

Kepala Lapas Kelas II B Cebongan, Sleman, Kusnan beharap agar masyarakat tidak memberikan stigma buruk kepada para mantan napi, dan napi yang mendapatkan remisi. Tujuannya, agar para narapidana yang telah mendapatkan remisi terus termotivasi diri mereka agar terus berkelakuan baik.

"Kami harap masyarakat tidak memberikan stigma yang buruk kepada para mantan napi," ucapnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Profil Howard Timotius Palar, Petinggi Indomaret yang Meninggal Tertabrak Truk

News
| Kamis, 06 Oktober 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement