Advertisement

Kenalkan Potensi Wisata, Dinpar Jogja Gelar Kangen Jogja 2022

Triyo Handoko
Jum'at, 19 Agustus 2022 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenalkan Potensi Wisata, Dinpar Jogja Gelar Kangen Jogja 2022 Pembukaan Kangen Jogja 2022 yang dilakukan Sekertaris Daerah Jogja Aman Yuriadijaya dan Kepala Dinpar Wahyu Endratmoko serta jajarannya di Monumen Serangan 1 Maret, Kamis (18/8 - 2022).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Pariwisata (Dinpar) Jogja menggelar Kangen Jogja 2022 untuk mengenalkan potensi wisata dan membangkitkan sektor pariwisata setelah pandemi Covid-19. Gelaran Kangen Jogja 2022 diisi oleh berbagai atraksi kesenian budaya dan kuliner di Monumen Serangan 1 Maret, pada Kamis malam (18/8/2022).

Dibuka oleh Sekretaris Daerah Jogja Aman Yuriadijaya, gelaran ini menampilkan berbagai kesenian dan kuliner unggulan dari Kemantren Mantrijeron. "Melalui acara pada malam hari ini, harapannya dapat meningkatkan dan menghangatkan dunia pariwisata di Jogja," ucapnya.

Aman mengapresiasi Dinpar Jogja lewat gelaran tersebut. “Kegiatan seperti ini sangat inovatif dan makin meningkatkan gelaran wisata di Jogja dengan berbagai potensinya,” jelasnya.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Kangen Jogja 2022 menampilkan rangkaian pertunjukan tarian dari Sanggar Sekar Kinasih, dolanan anak dan Fragmen Perjuangan Masyarakat Mantrijeron dalam Kemerdekaan, Seni Tradisi Jathilan, Bregodo Niti Manggala serta Grup Band Etnik “GANK X”.

Baca juga: Ada Pasar Kangen Jogja, Obat Penawar Rindu Barang dan Kuliner Masa Lalu

Kepala Dinpar Jogja Wahyu Hendratmoko dalam laporan sambutannya menyebut gelarannya tersebut diharapkan dapat membantu wisatawan agar mengenal lebih dekat Jogja pada umumnya dan Kemantren Mantrijeron pada khususnya. “Serta lebih membantu pariwisata Jogja kembali pulih yang akhirnya masyarakat jogja bisa lebih sejahtera," jelasnya, Kamis (18/8/2022).

Wahyu menjelaskan Kemantren Mantrijeron memiliki potensi wisata yang patut dikunjungi wisatawan. “Dari segi sejarah, Kemantren Matrijeron punya banyak hal yang bisa dipelajari. Begitu juga soal atraksi seni budaya yang dimiliki, ada banyak yang bisa dinikmati wisatawan,” ujarnya.

Bertemakan “Tentrem Kotane Maju Pariwisatane”, Kangen Jogja 2022 dihadiri ratusan pengunjung. “Kangen Jogja menjadi rangkaian acara yang penting bagi kita semua untuk terus meningkatkan pariwisata Jogja," kata Wahyu.

Pengelola Paguyuban Kesenian Kemantren Matrijeron Dida Damar menyebut gelaran Kangen Jogja 2022 ini membantunya untuk terus eksis menjaga semangat paguyuban keseniannya. “Kami sangat berterima kasih pada Dinpar Jogja yang turtu mengajak kami dalam gelaran ini untuk kami terus eksis dalam berkarya,” ujarnya, Kamis malam.

Advertisement

Dida menjelaskan Fragmen Mantrijeron bercerita tentang Perang Jenar atau Bogowonto dimana Pangeran Mangkubumi mendapatkan tombak dan seperangkat gamelan dari wilayah Jenar. “Tombok itu lalu digunakan oleh prajurit terpercaya Pangeran Mangkubumi, yaitu Prajurit Mantrijeron,” jelasnya. Lewat fragmen ini Dida ingin menyampaikan sejarah Kemantren Matrijeron. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Pemecatan Fredy Sambo Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement