Advertisement

HUT RI, Ada Gebrakan Andong Berdendang Bersama G.A.J di Jogja

Media Digital
Jum'at, 19 Agustus 2022 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
HUT RI, Ada Gebrakan Andong Berdendang Bersama G.A.J di Jogja Geno, Ayu dan Jagad (G. A. J) saat aksi Andong Berdendang di Kota Jogja. - Ist

Advertisement

JOGJA-Kota Jogja menyuguhkan pertunjukan yang unik untuk memeringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 pada 17 Agustus 2022 lalu. Kali ini, Jogja menghadirkan suasana yang berbeda bertema "Andong Berdendang" melintasi sepanjang jalan di Kota Jogja.

Andong berdendang bersama Talenta cemerlang Jogja yaitu Geno, Ayu dan Jagad (G. A. J) menciptakan konsep perpaduan seni budaya dan wisata, karena andong merupakan alat transportasi masa lalu yang masih bertahan hingga masa sekarang di wilayah Jogja. Kendaraan yang tak menghasilkan polusi karbondioksida ini masih banyak dijumpai ikut meramaikan hiruk – pikuk sudut jalan Jogja.

Advertisement

Andong sebagai moda transportasi tradisional yang dikenal sebagai ikon pariwisata dilindungi melalui Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta No.5/2016 tentang Moda Transportasi Tradisional Becak dan Andong.

Dengan kemasan menarik "Andong Berdendang" yang dihias sedemikian rupa guna memeriahkan pesta Kemerdekaan RI berjalan di beberapa sudut Kota Jogja, G.A.J juga menyanyikan lagu-lagu bernuansa kecintaan terhadap Negara Indonesia, di antaranya Bendera, Gebyar-Gebyar, Indonesia Pusaka, Rayuan Pulau Kelapa, Tanah Air, Indonesia Jaya, dan lain-lain.

Baca juga: Ratusan Orang Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Gedung Agung Jogja

Aksi ini dimulai dari Kantor Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan berakhir di Bank BPD DIY. Selama perjalanan G.A.J yang terdiri dari 3 orang vokalis, yaitu Genoveva, 12: Dyah Ayu, 12: dan Jagad, 13: bernyanyi bergantian dan bersinggah di depan SMPN 5 Kota Jogja, lanjut bernyanyi di BRIMOB POLDA DIY, Kantor POLSEK GONDOKUSUMAN lanjut bernyanyi bersama di MAKO LANAL Yogyakarta, dan Hotel New Saphire.

Sambutan warga sangat meriah di sepanjang jalan yang dilalui Andong Berdendang. "Alhamdulillah Andong Berdendang hari ini berjalan lancar dan disambut dengan baik oleh masyarakat. Gebrakan Andong Berdendang ini merupakan hal baru dan sangat luar biasa. Terima kasih kami ucapkan kepada Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Bank BPD DIY, Mako BRIMOB POLDA DIY, Mako LANAL Yogyakarta, Hotel New Saphire, Polsek Gondokusuman, dan pihak pihak lain yang tidak bisa kami sebut satu persatu" ujar Yudhi selaku pencetus Andong Berdendang dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (19/8/2022). 

Disampaikan juga oleh Bapak Letkol Laut (P) Agus Sulistyo dari Mako Lanal Yogyakarta "Acara Andong Berdendang merefleksikan Pemuda dan pemudi bangsa Indonesia untuk mencintai bangsanya lewat seni suara dengan menggabungkan unsur Tradisional. Dengan semangat 17 Agustus diharapkan generasi muda dapat terus mengembangkan diri untuk kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia."

Hal yang sama disampaikan oleh Manager G. A. J, Fera Febrianty. "Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya acara ini. Kegiatan yang dilakukan G. A. J dalam memperingati Kemerdekaan RI yang ke 77 dengan mengusung konsep Andong Berdendang bernyanyi di atas andong merupakan pengalaman baru sekaligus tantangan guna melatih mental mereka, tentang G. A. J bisa juga di lihat di g.a.j_official," kata dia. 

Sebagai pamungkas, Jagad yang merupakan salah satu personel G.A.J megungkapkan, "Ini merupakan kegiatan yang baru bagi kami dan sangat menantang karena kami menyanyi di atas Andong dan kami juga berhenti di berbagai titik untuk bernyanyi bersama". *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement