Advertisement

Ratusan Orang Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Gedung Agung Jogja

Sunartono
Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:17 WIB
Sirojul Khafid
Ratusan Orang Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Gedung Agung Jogja Pelaksanaan Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 Rabu (17/8/2022) pagi. - Harian Jogja/Desi Suryanto.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pelaksanaan Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 di Gedung Agung Jogja berlangsung lebih longgar dibandingkan tahun sebelumnya, Rabu (17/8/2022) pagi. Upacara diikuti oleh seluruh jajaran Forkopimda, TNI, Polri, OPD, ASN dan perwakilan pelajar serta sejumlah tamu undangan.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja, pelaksanaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 pengibaran bendera dimulai pukul 07.00 WIB dengan inspektur Wagub DIY KGPAA Paku Alam X. Bertindak sebagai Komandan Upacara, Letkol Inf. Arif Hermad, yang saat ini menjabat sebagai Dandim 0729 Bantul, sedangkan Perwira Upacara, Kapten Inf. Budi Arifianto dari Korem 072 Pamungkas.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang bertugas terdiri atas dari pelajar dan anggota TNI Polri. Mereka terbagi menjadi Kelompok Nusa sebagai pengibar, kelompok Bangsa sebagai penurun. Adapun kelompok Nusa Bangsa sebagai kelompok 17, serta kelompok 45 dari unsur TNI & Polri.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dalam upacara ini juga disuguhkan penampilan musik sajian lagu daerah oleh pelajar berasal dari SMK N 2 Bantul, SMP Muhammadiyah 3 Kota Jogja, SMA Bopkri 1 Jogja dan SMPN 3 Jogja dengan konduktor Fajar Ganif. Pelajar mengawali dengan lagu Hari Merdeka dan Maju Tak Gentar, selanjutnya beragam lagu daerah di antaranya Manuk Dadali, Padang Bulan, Rek Ayo Rek, Ampar-Ampar Pisang hingga Sajojo kemudian ditutup dengan Syukur. Masyarakat yang berada di kawasan Malioboro pun berjubel menyaksikan dari pagar sisi timur Kompleks Kepresidenan Gedung Agung untuk melihat jalannya upacara.

BACA JUGA: Ini Pesan Sultan HB X di HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY, Priyo Santoso, menjelaskan peringatan HUT RI ke-77 ini menjadi momentum untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di kalangan pemuda. Mengingat masa depan bangsa ini sangat tergantung pada generasi muda sehingga harus memiliki disiplin dan karakter yang baik. “Ini sesuai dengan tema pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” kata Priyo, Rabu (17/8/2022).

Jumlah personel paskibraka untuk Upacara di Gedung Agung sudah penuh seperti saat normal atau sebelum pandemi Covid-19. Akan tetapi dari sisi tamu dibatasim, meskipun kasus Covid-19 sudah landai. Jika saat normal tamu undangan mencapai 700 orang, namun saat ini hanya sekitar 200 orang.

“Biasanya masyarakat juga diundang, tetapi untuk saat ini belum. Bahkan untuk orang tua dan kepala sekolah saat pengukuhan tidak boleh diundang, saat upacara pengibaran juga belum boleh diundang, baru saat penurunan bendera diundang,” katanya.

Personel Paskibra yang bertugas di Gedung Agung sebanyak 38 pelajar, serta kesatuan TNI Polri sebagai pengawal kelompok 45. Proses seleksi anggota Paskibraka ini telah dilakukan selama beberapa bulan terakhir dengan meminta kabupaten dan kota untuk mengirimkan masing 16 pelajar terdiri atas 8 putra dan 8 putri. Sehingga total ada 80 pelajar kemudian diseleksi di tingkat provinsi dengan diambil sebanyak 40 pelajar.

Advertisement

BACA JUGA: Seru! Lomba 17-an, Pelaku Usaha Malioboro Pakai Seragam Sekolah

“Nah yang 40 ini dua terbaik nilainya tertinggi ada satu putra dan satu putri ini kami kirimkan ke tingkat nasional. Kemudian yang 38 kami latih di DIY untuk upacara pengibaran dan penurunan bendera di DIY. Karantina dilakukan sejak 1 Agustus sampai 19 Agustus nanti,” ucapnya.

Seleksi tidak hanya dilakukan dari sisi fisik seperti tinggi badan dan kesamaptaan, tetapi juga kepribadian, psikologi, kesehatan hingga wawasan kebangsaan terkait dengan penguasaan pemahaman pancasila. Selain itu kemampuan lain harus didukung kemampuan akademik juga memadai dan terbaik. Para anggota Paskibraka ini akan memiliki porto folio tersendiri ke depan.

Advertisement

“Biasanya mantan paskibraka ini yang masuk di TNI Polri, bahkan beberapa yang tergabung menjadi pelatih dari TNI Polri ini dulunya juga mantan Paskibraka,” katanya.

Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya, menambahkan bahwa pelaksanaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Gedung Agung merupakan kolaborasi dari berbagai pihak. Melalui BPO, Disdikpora DIY menyiapkan Paskibraka dari seleksi sampai pelaksanaan. Ia mengapresiasi para personel Paskibraka yang telah menjalankan tugasnya dengan baik.

“Nanti anak-anak ini akan tergabung di Purna Paskibraka Indonesia kemudian mereka sebagai duta pancasila yang dibina oleh BPIP,” ucapnya.

BACA JUGA: Kalapas Wirogunan Jamin Tak Ada Obral Remisi, Segini Jumlah Napi yang Menerimanya

Advertisement

Ia mengatakan di HUT Kemerdekaan ini harus terus memperkuat nilai persatuan dan kesatuan serta menguatkan kembali NKRI. Selain itu mengupayakan agar pandemi bisa berakhir. “Kalau sebelumnya pelaksanaan Upacara Kemerdekaan ini masih terbatas karena pandemi, saat ini agak longgar. Semoga ke depan pesertanya lebih banyak lagi jika Covid-19 memungkinkan,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terinspirasi Bung Tomo & Soedirman, Warga Ukraina Siap Mati

News
| Selasa, 27 September 2022, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement