Advertisement

Hendak Memvaksin Rabies untuk Satwa Peliharaan? Pemkot Siapkan 2.500 Dosis Gratis

Triyo Handoko
Selasa, 23 Agustus 2022 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Hendak Memvaksin Rabies untuk Satwa Peliharaan? Pemkot Siapkan 2.500 Dosis Gratis Ilustrasi rabies

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Pertanian dan Pangan Kota (DPPK) Jogja menyediakan 2.500 dosis vaksin rabies. Vaksinasi yang menyasar kucing, anjing, dan kera di Jogja ini akan dimulai awal September nanti.

Vaksinasi rabies ini jadi program tahunan DPPK Jogja. Tujuan program tersebut untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies pada hewan. 

Kepala DPPK Jogja Suyana menjelaskan program ini akan berlangsung seluruh kelurahan di Jogja. “Total ada 45 kelurahan yang sudah kami jadwalkan untuk vaksin rabies ini,” ujarnya, Selasa (23/8/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Yuk Donor Darah! Kamu Bisa Datangi Tempat Ini..

Secara umum, lanjut Suyana, angka kasus penyakit rabies di Jogja memang tidak signifikan. “Tidak ada laporan masuk juga, ini untuk mengantisipasi penyakit pada hewan yang bisa berpengaruh lebih luas,” terangnya.

Program vaksinasi rabies ini, kata Suyana, bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DIY. “Vaksinasi ini gratis untuk masyarakat luas di Jogja,” katanya.

Suyana menjelaskan untuk mendaftar vaksinasi rabies, masyarakat luas cukup melakukan pendaftaran online. “Syaratnya hewan dalam kondisi sehat dan minimal berusia empat bulan, serta tidak hamil dan menyusui, juga hewan sudah mendapat obat cacing minimal satu minggu sebelum vaksin,” jelasnya. 

Berlangsung pada 1-28 September, vaksinasi rabies ini juga tersedia di 11 klinik hewan di Jogja. “Pemilik hewan tinggal datang ke kelurahan atau klinik hewan yang bekerjasama dengan kami dan menunjukan fotokopi KTP pasti dilayani untuk vaksin rabies ini,” ujar Suyana.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement