Advertisement

Merah Putih Carnival Teras Malioboro 1

Media Digital
Rabu, 24 Agustus 2022 - 14:57 WIB
Budi Cahyana
Merah Putih Carnival Teras Malioboro 1 Merah Putih Carnival di Teras Malioboro 1. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Agustus 2022 ini, negara tercinta kita memperingati hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia. Untuk tema peringatan tahun ini mengambil tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Setelah lebih dari 2 tahun kita mengalami pandemi covid-19 dan kondisi covid-19 saat ini mulai menurun maka di berbagai tempat tampak antusian masyarakat memeriahkan Agustusan dengan berbagai kegiatan.

Salah satu tempat tersebut adalah Teras Malioboro 1. Teras Malioboro 1 merupakan suatu tempat baru yang diperuntukkan sebagai tempat relokasi para pedagang kaki lima yang dulu berjualan si sepanjang Kawasan Wisata Malioboro. Teras Malioboro 1 berlokasi di eks bioskop Indra atau tepatnya di depan Pasar Beringharjo.

Teras Malioboro 1 menyelenggarakan sebuah event yang bertajuk "Merah Putih Carnival" yang dimulai tanggal 14 Agustus sampai 22 Agustus 2022. Event ini memiliki tujuan untuk memeriahkan Teras Malioboro 1 dengan cara melibatkan masyarakat umum dan para pedagang kaki lima yang selanjutnya disebut sebagai tenant Teras Malioboro 1.

Event "Merah Carnival Putih" ini diisi dengan kegiatan yang melibatkan masyarakat umum yaitu  (1) Lomba mewarnai Ibu dan anak, (2) Lomba Senam Sehat Ibu- Ibu, (3) Live Music Pop Java, serta (4) Zumba Party. Kegiatan yang melibatkan para tennat Teras Malioboro 1 yaitu (1) Lomba Tarik-Tambang, (2) Lomba Makan Kerupuk, (3) Lomba Memasukkan Pensil Dalam Botol Berpasangan, (4) Lomba Estafet Tepung, (5) Lomba Belut Dalam Botol serta diakhiri dengan (6) Lomba Karaoke.

Rangkaian event "Merah Putih Carnival" dibuka dengan MAMAMIA Fun Colouring yaitu lomba mewarnai ibu dan anak yang dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Agustus 2022 bertempat di halaman Teras Malioboro 1. Dalam lomba ini para peserta terdiri ibu dan anak harus mewarnai gambar yang sudah disediakan oleh panitia secara serentak dengan jam yang sudah ditentukan oleh panitia. Momen lucu terekam dalam kegiatan ini seperti terlihat beberapa tingkah pola lucu ketika mewarnai, ada yang anaknya tertidur sibuk makan, sibuk dengan mainannya, dan ada pula yang tertidur saat mewarnai.

Untuk  hari selanjutnya tanggal 15 Agustus 2022 dilaksanakan Lomba Senam Sehat yang diikuti oleh ibu-ibu Daerah Istimewa Yogyakarta di halaman Teras Malioboro 1. Kemeriahan Lomba Senam Sehat juga dapat dilihat dengan ibu-ibu peserta yang masing-masing menghias kelompoknya dengan memakai kostum yang dibuat semenarik mungkin salah satunya dengan kostum anak sekolah dasar. Kegiatan ketiga dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2022 yaitu menghidupkan budaya Seloso Wage yang dulu di kawasan Malioboro diisi dengan kerja bhakti bersih-bersih. Setelah kerja bakti selesai dilanjutkan berbagai lomba khas 17 Agustusan yaitu Lomba Tarik Tambang antar tenant serta Lomba Makan Kerupuk antar tenant.

Malamnya ditutup dengan acara Live Music Special POP Java. Keesokan harinya tanggal 17 Agustus di halaman Teras Malioboro 1 Agustus dilaksanakan Upacara 17 Agustus oleh para tenant dan dilanjutkan dengan Lomba Memasukkan Pensil Dalam Botol Berpasangan, (4) Lomba Estafet Tepung, (5) Lomba Belut Dalam Botol. Puncak event "Merah Putih Carnival" dimeriahkan dengan acara Zumba Party yang diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 2022 di halaman Teras Malioboro 1. Sementara untuk puncak acara yang melibatkan para tenant dimeriahkan dengan Lomba Karaoke antar pedagang Teras Malioboro 1 yang dilaksanakan tanggal 22 Agustus 2022 di halaman Teras Malioboro 1 dari Pukul 16.00 sampai 21.00 WIB.

Setelah melewati puncak kegiatan Merah Putih Carnival akan diadakan juga lomba display lapak pada 25-27 Agustus 2022. Kegiatan ini diharapkan menjadi ”fokus” kembali para pedagang, setelah bersama-sama sibuk memeriahkan kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77. Mereka diminta untuk menata dan mempersiapakan produk jualannya kembali. Salah satu aspek penilaian lomba display lapak ini adalah pemilahan sampah untuk tenant kuliner. Pengelolaan sampah saat ini menjadi hal yang wajib, karena pengelola Teras Malioboro 1 menerapkan sistem pengelolaan sampah yang terpadu, dimana sampah organik dan non organik dipisah untuk diolah kembali.

Dalam lomba ini akan dipilih 5 terbaik dan akan menjadi percontohan display lapak terbaik di Teras Malioboro 1. Ke depan kegiatan ini akan menjadi agenda rutin dengan tujuan untuk mempertahankan konsistensi dan kualitas   layanan Teras Malioboro 1  terhadap kenyamanan bagi pelanggan baik lingkungan maupun visual  jasa retail tenant Teras Malioboro 1. (ADV)

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement