Advertisement

22 Parpol di Kulonprogo Siap Tindak Lanjuti Hasil Verifikasi

Catur Dwi Janati
Rabu, 24 Agustus 2022 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
22 Parpol di Kulonprogo Siap Tindak Lanjuti Hasil Verifikasi Bendera partai politik. - Solopos/Maulana Surya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-KPU Kabupaten Kulonprogo menggelar rapat koordinasi pertama dengan partai politik calon peserta Pemilu 2024. Rapat ini mengundang pimpinan dan penghubung partai politik dari 22 parpol yang ada di Kabupaten Kulonprogo.

Ketua Divisi Teknis, Tri Mulatsih menerangkan dari 24 partai politik yang berkasnya dinyatakan lengkap oleh KPU RI, terdapat 22 partai politik yang ada di Kabupaten Kulonprogo. Sementara dua partai lainnya yakni Partai Buruh dan Partai Gelora tidak terdapat dalam aplikasi SIPOL di Kabupaten Kulonprogo.

"Rapat koordinasi dilakukan untuk menjalin komunikasi dengan calon peserta Pemilu, sekaligus untuk menyampaikan kegiatan verifikasi administrasi yang sudah dilakukan oleh KPU Kabupaten Kulonprogo," terangnya pada Selasa (23/8/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Tri menyampaikan dalam alur kegiatan verifikasi administrasi, partai politik bisa segera menindaklanjuti hasil verifikasi administrasi. Beberapa hasil verifikasi yang ditindaklanjuti meliputi dugaan ganda eksternal, keanggotaan usia belum 17 tahun, hingga kesesuaian data KTP dan KTA. 

Baca juga: Ini 4 Parpol Baru yang Terdaftar di Gunungkidul, Ada Partai Besutan Amien Rais

"Untuk memastikan keanggotaannya, partai politik dapat mengunggah surat pernyataan anggota disertai dokumen pendukung melalui aplikasi SIPOL. Waktu yang diberikan partai politik untuk mengunggah berkas dimaksud sampai dengan tanggal 26 Agustus 2022," tandasnya.

Masing-masing partai politik menyampaikan kesiapannya untuk menindaklanjuti hasil verifikasi. Dalam rapat ini diinformasikan bahwa sebagian partai politik di tingkat Kabupaten sudah memperoleh akses SIPOL.

"Akan tetapi sebagian lagi sedang proses unggah dokumen dipusatkan di DPW maupun DPP masing masing. Sehingga proses perbaikan data belum bisa ditindakjuti," lanjutnya.

Tri menyampaikan proses tindak lanjut dan pengunggahan dokumen merupakan kebijakan partai politik masing-masing. Untuk meminimalisir sengketa terhadap hasil verifikasi, partai politik tingkat Kabupaten diminta segera berkoordinasi dengan partai politik di atasnya untuk mempersiapkan hasil tindak lanjut yang akan diunggah di SIPOL.

Advertisement

"Lokus kegiatan tindak lanjut adalah di masing-masing kabupaten karena partai politik tingkat kabupaten yang paling mengerti kondisi keanggotaan di wilayahnya," tuturnya.

Saat ini verifikasi yang dilakukan oleh tim verifikator KPU Kabupaten Kulonprogo telah mencapai kurang lebih 50 persen dari keseluruhan dokumen yang harus diverifikasi. "Hasil dari verifikasi yang dilakukan otomatis akan tertangkap dalam layar SIPOL partai politik sehingga parpol sudah mempersiapkan diri untuk menindaklanjuti hasil verifikasi administrasi. 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 5 Oktober 2022

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement