Advertisement

Pemkab Sleman Tak Latah Usulkan Jalur Sepeda di Tol Jogja-Solo

Abdul Hamied Razak
Minggu, 28 Agustus 2022 - 23:17 WIB
Arief Junianto
Pemkab Sleman Tak Latah Usulkan Jalur Sepeda di Tol Jogja-Solo Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Berbeda dengan Pemkab Klaten yang mengusulkan adanya jalur sepeda di jalan tol Jogja-Solo, Pemkab Sleman belum, bahkan tidak akan mengusulkan usulan yang sama. 

Sekda Sleman, Harda Kiswaya mengatakan jalan tol sesuai aturan merupakan jalur bebas hambatan. Semua kendaraan yang melewati tentu memacu kendaraannya.

Advertisement

Dalam konteks ini, keselamatan pengguna sepeda terjamin atau tidak? "Kalau ada jalur sepeda meskipun ada pemisahan jalur, apa itu tidak berbahaya? Kami berpikirnya tol harus memang bebas hambatan sehingga harus dipikirkan risiko-risiko yang kemungkinan muncul," kata Harda.

BACA JUGA: Luar Biasa! Jalur Khusus Sepeda Tol Jogja-Solo Seksi 1 Telan Dana Rp200 Miliar

Pemkab Sleman, kata Harda, tidak akan latah dengan usulan tersebut. Sesuai dengan fungsinya jalan tol merupakan jalan yang bebas hambatan dan semua kendaraan berjalan cepat.

Meskipun begitu, Pemkab Sleman tetap mendukung apapun keputusan dari pemerintah. "Saya pernah pulang dari Jakarta, di sekitar Subang waktu itu, ada truk tronton masuk parit, melompati pagar pembatas. Apa itu tidak beresiko saat ada jalur sepeda?," ujar Harda.

Berbeda dengan jalur tol Jogja Solo, Pemkab Sleman mengusulkan adanya jalur wisata sepeda di ruas jalan tol Jogja Bawen. Usulan tersebut disampaikan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menerima kunjungan Direktur PT Jasamarga Jogja Bawen Dwi Winarso pada Kamis (18/8/2022).

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengusulkan agar jalur Tol Jogja Bawen menyediakan jalur khusus sepeda untuk mengangkat potensi wisata di destinasi-destinasi yang dilalui tol tersebut. "Kami mengusulkan agar jalur wisata sepeda ini dibangun di tol Jogja Bawen. Khususnya di Seyegan," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement