Advertisement

Pelaku Perjalanan Wajib Sudah Divaksinasi Booster, Puluhan Penumpang Kereta di DIY Batalkan Tiket

Sunartono
Rabu, 31 Agustus 2022 - 15:47 WIB
Bhekti Suryani
Pelaku Perjalanan Wajib Sudah Divaksinasi Booster, Puluhan Penumpang Kereta di DIY Batalkan Tiket Ketua DPD Putri DIY GKR Bendara bersama sejumlah pejabat PT KAI Daop VI saat meninjau vaksinasi di Stasiun Tugu, Rabu (31/8/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 70 calon penumpang KAI yang akan berangkat dari sejumlah stasiun di DIY terpaksa membatalkan tiketnya karena belum melakukan vaksinasi booster pertama.

Aturan baru berdasarkan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19 bahwa per 30 Agustus 2021 para pengguna KAI wajib sudah booster.

Ketua DPD Perhimpunan Taman Rekreasi Indonesia (Putri) DIY GKR Bendara mengatakan jumlah booster di DIY memang masih rendah sehingga perlu terus didorong pelaksanaan vaksinasi. Salah satunya yang digelar di Stasiun Tugu Jogja bersamaan dengan bazar UMKM pada Rabu (31/8/2022).

Di tengah kasus Covid-19 yang terus melandai, ada beberapa kelompok masyarakat yang merasa tidak membutuhkan booster sehingga tidak melakukan booster. Akan tetapi dengan diberlakukannya booster pertama sebagai syarat perjalanan seperti di kereta api diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk booster.

"Ada perubahan bahwa untuk bisa naik kereta api harus booster, ini salah satu cara untuk mendorong peningkatan vaksinasi booster di DIY. Memang pada akhirnya tentu banyak pembatalan tiket kereta api terutama bagi mereka yang belum booster. Tetapi ini adalah upaya positif yang harus kita dukung untuk meningkatkan booster, karena jarak dengan vaksinasi dosis pertama dan kedua terlalu jauh," kata putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X ini di sela-sela peninjauannya vaksinasi dan bazar UMKM di Stasiun Tugu Jogja, Rabu (31/8/2022).

BACA JUGA: Sultan HB X Sampaikan Sapa Aruh Satu Dasarwarsa Keistimewaan DIY, Ini Isi Lengkapnya

Executive Vice President PT KAI Daops 6 Yogyakarta Iwan Eka Putra menambahkan pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Tugu sebagai upaya memberikan layanan kepada masyarakat terutama pengguna kereta api yang belum divaksin booster. Ia berharap meski adanya syarat tersebut jumlah wisatawan yang berkunjung ke DIY terus meningkat. Karena layanan booster saat ini sangat mudah didapatkan. KAI Daop VI menyediakan di salah satu klinik lokasinya di Utara Stasiun Tugu.

Adapun jumlah pembatalan tiket akibat peraturan booster sejak Selasa (30/8/2022) hingga Rabu (31/8/2022) pagi ada 70 tiket. Terdiri atas 50 tiket selama 24 jam pada Selasa dan pada Rabu pagi ada 20 calon penumpang yang membatalkan tiket perjalanannya.

"Ada pembatalan kemarin 50 lalu pagi ini ada 20 tiket. Karena memang tidak sesuai dengan surat edaran yaitu calon penumpang ini belum booster. KAI mengembalikan 100% uang tiket tersebut," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Airlangga Sampaikan Duka Mendalam

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 14:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement