Advertisement

Lansia Sleman Harus Sehat, Aktif, dan Produktif

Abdul Hamied Razak
Rabu, 31 Agustus 2022 - 08:57 WIB
Sirojul Khafid
Lansia Sleman Harus Sehat, Aktif, dan Produktif Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 26 tahun 2022, di Lapangan Denggung Sleman. Selasa (30/8/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tingginya jumlah warga lanjut usia (lansia) di Sleman menjadi perhatian Pemkab Sleman. Warga lansia diharapkan tetap sehat, aktif dan produktif sehingga dapat menjadi pengingat para generasi muda saat ini.

Ketua Komisi Daerah Lansia Kabupaten Sleman, Danang Maharsa, mengatakan saat ini jumlah penduduk lansia di Kabupaten Sleman mencapai 140.444 orang. Di antara lansia tersebut, kondisi lansia di Sleman masih tergolong aktif dalam berbagai kegiatan atau paguyuban. 

"Ini menunjukkan para lansia masih mampu berkarya dan memiliki hidup yang berkualitas. Kami berharap dengan kegiatan ini semakin mendorong para lansia agar tetap semangat dan produktif untuk terus berkarya, serta hidup dengan bahagia," kata Danang di sela Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 26 tahun 2022, Selasa (30/8/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Saat ini, usia harapan hidup di Sleman cukup tinggi yakni 74 tahun untuk perempuan, dan 72 tahun untuk pria. "Untuk mewujudkan lansia yang tangguh, sehat, aktif, mandiri, dan produktif, diperlukan kerja sama semua pihak, yaitu peran keluarga, masyarakat, lembaga sosial, dan pemerintah," katanya.

BACA JUGA: Gerak Cepat! 2.500 Batang Rokok Ilegal di Sleman Disita Petugas

Peringatan HLUN 2022 tersebut dibingkai dalam kegiatan “Sleman Gumregah Bersama Lansia Sehat” di Lapangan Denggung Sleman. Hal itu sesuai dengan tema Peringatan HLUN Nasional "Lansia Sehat, Indonesia Kuat" sementara di Sleman Pemkab mengusung tema "Lansia Sehat, Lansia Berdaya, Indonesia Maju. "Kami melaksanakan HLUN dengan kegiatan senam bersama dan pemeriksaan kesehatan," katanya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, juga menghadiri kegiatan tersebut. Menurutnya Peringatan HLUN merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas semangat dan peran serta para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa. 

Bupati menyampaikan harapan hidup rata-rata di Kabupaten Sleman untuk tahun 2021 cukup tinggi, yaitu 74,92 tahun. Kustini berharap, peringatan HLUN dapat menjadi momentum untuk semakin meningkatkan motivasi para lansia agar tetap sehat, aktif, dan produktif memajukan kemandirian dan kesejahteraan hidupnya. 

"Melalui peringatan HLUN ini menjadi momentum untuk memperbaiki diri dan menjadikan Kabupaten Sleman sebagai Kabupaten yang ramah bagi para lansia. Sehat fisik dan mentalnya, panjang umurnya sejahtera dan bahagia," ujar Kustini.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sabu Senilai Rp1 Miliar Disita, Bandar dan Kurir Sabu Digelandang

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement