Advertisement

Mulai Bulan Depan Layanan Cetak KTP-eL Drive Thru Jogja Dialihkan ke Kemantren Jetis

Newswire
Kamis, 01 September 2022 - 08:57 WIB
Arief Junianto
Mulai Bulan Depan Layanan Cetak KTP-eL Drive Thru Jogja Dialihkan ke Kemantren Jetis Layanan drive thru cetak KTP-el. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jogja akan mengalihkan layanan lantatur (drive thru) pencetakan KTP-elektronik (KTP-el) ke Kecamatan Jetis mulai September hingga Oktober 2022.

“Sebelumnya, layanan ini kami buka di Kecamatan Mergangsan pada Juli-Agustus 2022, tetapi mulai September-Oktober 2022 dialihkan ke Jetis dan selanjutnya ke kecamatan lain pada bulan berikutnya,” kata Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jogja, Bram Prasetyo di Yogyakarta, Rabu (31/8/2022).

Menurut Bram, layanan drive thru tetap dibuka di Kecamatan Jetis meskipun di kantor kecamatan tersebut sudah dilengkapi dengan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang memungkinkan masyarakat mencetak KTP-el secara mandiri.

Hanya saja, lanjut dia, fasilitas ADM belum bisa melayani pencetakan KTP-el secara mandiri. “Sampai sekarang belum bisa digunakan lagi untuk mencetak KTP-el sejak ada sinkronisasi dengan SIAK terpusat. Masih terus dicoba oleh Pusat tetapi memang jaringannya belum sinkron,” katanya.

BACA JUGA: Tersangka II Suap IMB Royal Kedhaton Disidangkan Besok, 5 Kartu Debit jadi Bukti

Selain di Kecamatan Jetis, fasilitas ADM tersedia di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Yogyakarta dan di Kecamatan Mergangsan. “Untuk layanan pencetakan selain KTP-el masih tetap bisa dilayani di ADM. Makanya, kami tetap mengoptimalkan layanan drive thru di kecamatan meskipun kecamatan tersebut sudah dilengkapi ADM,” katanya.

Layanan drive thru cetak KTP-el tetap akan memberikan pelayanan yang sama, yaitu mencetak KTP-el yang rusak, hilang, dan mencetak KTP-el setelah perubahan biodata kependudukan.

“Hanya saja, mengawali layanan drive thru cetak KTP-el pada September ini, kami akan membuka layanan di Kecamatan Mantrijeron terlebih dahulu,” katanya.

Layanan hanya dilakukan satu hari pada 1 September 2022 karena bertepatan dengan kegiatan di wilayah tersebut yang membutuhkan dukungan drive thru cetak KTP-el. “Selebihnya, akan dibuka di Kecamatan Jetis,” katanya.

Ia mengatakan layanan drive thru KTP-el rata-rata melayani sekitar 150 pemohon setiap kali membuka layanan.

Advertisement

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arkeolog Temukan Gigi Berusia 1,8 Juta Tahun di Georgia

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement