Advertisement

Mulai Bulan Depan Layanan Cetak KTP-eL Drive Thru Jogja Dialihkan ke Kemantren Jetis

Newswire
Kamis, 01 September 2022 - 08:57 WIB
Arief Junianto
Mulai Bulan Depan Layanan Cetak KTP-eL Drive Thru Jogja Dialihkan ke Kemantren Jetis Layanan drive thru cetak KTP-el. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jogja akan mengalihkan layanan lantatur (drive thru) pencetakan KTP-elektronik (KTP-el) ke Kecamatan Jetis mulai September hingga Oktober 2022.

“Sebelumnya, layanan ini kami buka di Kecamatan Mergangsan pada Juli-Agustus 2022, tetapi mulai September-Oktober 2022 dialihkan ke Jetis dan selanjutnya ke kecamatan lain pada bulan berikutnya,” kata Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jogja, Bram Prasetyo di Yogyakarta, Rabu (31/8/2022).

Advertisement

Menurut Bram, layanan drive thru tetap dibuka di Kecamatan Jetis meskipun di kantor kecamatan tersebut sudah dilengkapi dengan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang memungkinkan masyarakat mencetak KTP-el secara mandiri.

Hanya saja, lanjut dia, fasilitas ADM belum bisa melayani pencetakan KTP-el secara mandiri. “Sampai sekarang belum bisa digunakan lagi untuk mencetak KTP-el sejak ada sinkronisasi dengan SIAK terpusat. Masih terus dicoba oleh Pusat tetapi memang jaringannya belum sinkron,” katanya.

BACA JUGA: Tersangka II Suap IMB Royal Kedhaton Disidangkan Besok, 5 Kartu Debit jadi Bukti

Selain di Kecamatan Jetis, fasilitas ADM tersedia di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Yogyakarta dan di Kecamatan Mergangsan. “Untuk layanan pencetakan selain KTP-el masih tetap bisa dilayani di ADM. Makanya, kami tetap mengoptimalkan layanan drive thru di kecamatan meskipun kecamatan tersebut sudah dilengkapi ADM,” katanya.

Layanan drive thru cetak KTP-el tetap akan memberikan pelayanan yang sama, yaitu mencetak KTP-el yang rusak, hilang, dan mencetak KTP-el setelah perubahan biodata kependudukan.

“Hanya saja, mengawali layanan drive thru cetak KTP-el pada September ini, kami akan membuka layanan di Kecamatan Mantrijeron terlebih dahulu,” katanya.

Layanan hanya dilakukan satu hari pada 1 September 2022 karena bertepatan dengan kegiatan di wilayah tersebut yang membutuhkan dukungan drive thru cetak KTP-el. “Selebihnya, akan dibuka di Kecamatan Jetis,” katanya.

Ia mengatakan layanan drive thru KTP-el rata-rata melayani sekitar 150 pemohon setiap kali membuka layanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement