Advertisement

MySADARI, Aplikasi Skrining Kanker Payudara Karya Tim PKM Unisa Yogyakarta

Media Digital
Sabtu, 03 September 2022 - 11:27 WIB
Jumali
MySADARI, Aplikasi Skrining Kanker Payudara Karya Tim PKM Unisa Yogyakarta Program Kemitraan Masyarakat bersama Motivator KEKEP IBU Puskesmas Kasihan 1 Bantul dengan tema Skrining Kanker Payudara Berbasis Aplikasi - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Berlokasi di Gedung Sastro Soekarno Kalurahan Bangunjiwo, tim Pengabdian Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta, menyelenggarakan Program Kemitraan Masyarakat bersama Motivator KEKEP IBU Puskesmas Kasihan 1 Bantul dengan tema “Skrining Kanker Payudara Berbasis Aplikasi”, Senin-Selasa, 25-26 Juli 2022.

Kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu Hibah dari Kemdikbudristek tahun 2022 yang diperoleh tim dosen Unisa Yogyakarta. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memperkenalkan Aplikasi MySADARI sebagai skrining faktor resiko dan deteksi dini kanker payudara melalui pemberdayaan kader kesehatan Motivator KEKEP IBU di Pusksesmas Kasihan 1. Aplikasi ini memberikan solusi dalam meningkatkan program deteksi dini penyakit tidak menular yaitu kanker payudara.

Intan Mutiara Putri, S.ST., M.Keb selaku Ketua Tim Pengabdian, berharap dengan adanya aplikasi MySADARI ini dapat meningkatkan cakupan skrining kanker payudara di wilayah Puskesmas Kasihan 1. Esi Putri Silmina, ST., M.Sc sebagai anggota tim pengabdian menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan melibatkan mahasiswa lintas ilmu untuk berkolaborasi bersama dalam kegiatan PKM dosen yaitu dari Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Teknologi Informasi Unisa Yogyakarta.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Bentuk pengabdian yang dilakukan adalah pelatihan SADARI dan lomba cerdas cermat yang diikuti sebanyak 102 peserta Motivator KEKEP IBU yang merupakan perwakilan kader kesehatan dari posyandu Kalurahan Bangunjiwo dan Kalurahan Tamantirto yang berada di wilayah kerja Puskesmas Kasihan 1. Peserta mengapresiasi dengan baik program pengabdian yang dijalankan ini dan akan meneruskan informasi Aplikasi MySADARI kepada perempuan diwilayahnya masing-masing. “Periksa Payudara Sendiri (SADARI) merupakan salah satu cara untuk skrining kanker payudara yang dapat dilakukan sendiri oleh seorang perempuan dirumah,” jelas Suyani, S.ST.,M.Keb selaku anggota tim pengabdian.

Diakhir kegiatan tim pengabdian memberikan bantuan panthom payudara sebagai alat bantu untuk edukasi SADARI di Puskesmas Kasihan 1. Kepala Puskesmas Kasihan 1 dr.Ratna Ikawati mengucapkan terima kasih kepada pihak Tim PKM Unisa Yogyakarta yan telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan sasaran Motivator KEKEP IBU sehingga bersama-sama dapat belajar tentang skrining kanker payudara yang akan mendukung kesehatan perempuan Indonesia, dimulai dari perempuan yang ada di wilayah Puskesmas Kasihan 1. Harapannya kegiatan ini dapat dilaksanakan secara simultan sehingga mendapatkan profil kesehatan perempuan khususnya tentang skrining kanker payudara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pukat UGM Ajak Masyarakat Bersuara Soal RUU Perampasan Aset Negara

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement