Advertisement

Pemda Bakal Evaluasi Tarif Trans Jogja, DPRD DIY Usulkan Pelajar dan Mahasiswa Gratis

Sunartono
Selasa, 06 September 2022 - 06:37 WIB
Arief Junianto
Pemda Bakal Evaluasi Tarif Trans Jogja, DPRD DIY Usulkan Pelajar dan Mahasiswa Gratis Penumpang Trans Jogja turun di halte Jalan MT Haryono, Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pemda DIY akan mengevaluasi terhadap tarif dan biaya operasional Trans Jogja seiring dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Meski demikian belum ada kepastian rencana kenaikan tarif. 

Terkait dengan hal itu, DPRD DIY tetap tak sepakat jika karena naiknya harga BBM menjadi alasan kenaikan tarif Trans Jogja.

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana berpendapat meski harga BBM naik, saat ini bukan waktu yang tepat untuk menaikkan tarif Trans Jogja, karena para pengguna lebih banyak kalangan pelajar, mahasiswa.

Di sisi lain dengan buy the service semua biaya operasional ditanggung APBD DIY. Dia menyarankan pentingnya mengefisiensi dan mengatasi persoalan yang membuat armada lebih lama di jalanan akibat kemacetan karena menimbulkan biaya BBM menjadi naik, serta pengalihan rute yang sepi. 

“Kalau kenaikan harga saya termasuk yang tidak setuju, meski pun saya memahami bahwa biaya operasional Trans Jogja pasti naik akibat BBM naik. Tetapi untuk menaikkan saat ini tidak bijak, akan menambah beban masyarakat,” ucapnya, Senin (5/9/2022).

BACA JUGA: Ini Jumlah Warga DIY yang Akan Terima Bansos Dampak Kenaikan Harga BBM, Terbanyak di Gunungkidul

Huda menambahkan jika manajemen sudah tidak memiliki pilihan, Pemda DIY bisa melakukan komunikasi politik dengan DPRD DIY untuk kemungkinan menambah biaya operasional atau subsidi dari APBD DIY. Meski demikian penambahan subsidi ini harus menjadi alternatif terakhir jika upaya efisiensi gagal dilakukan. 

Huda justru mengusulkan agar tarif Trans Jogja digratiskan untuk pelajar dan mahasiswa dan tidak menaikkan tarif umum. Dia menilai saat ini menjadi momentum bagi Pemda DIY untuk mempopulerkan Trans Jogja, sehingga masyarakat yang biasa menggunakan kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum.

“Karena orang akan berpikir juga naik kendaraan pribadi mahal BBM, sekarang bagaimana layanan Trans Jogja ini justru ditingkatkan,” kata Huda.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement