Advertisement

Ini Jumlah Warga DIY yang Akan Terima Bansos Dampak Kenaikan Harga BBM, Terbanyak di Gunungkidul

Yosef Leon
Senin, 05 September 2022 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Ini Jumlah Warga DIY yang Akan Terima Bansos Dampak Kenaikan Harga BBM, Terbanyak di Gunungkidul Ilustrasi - Antara/Aswaddy Hamid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sedikitnya 343.121 warga DIY bakal menerima bantuan sosial (bansos) dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

PT Pos siap menyalurkan bansos dan saat ini tengah menunggu arahan dari Pemerintah Pusat berkaitan dengan verifikasi data dan skema penyaluran. Executive General Manager Kantor Cabang Utama Pos Jogja, Fahdian Hasibuan, mengatakan baru berkoordinasi dengan kabupaten dan kota di DIY untuk menentukan lokasi penyaluran bansos BBM. Titik penyaluran akan diperluas guna mempercepat proses penyelesaian bansos kepada masyarakat terdampak. 

BACA JUGA: BBM Naik, Retribusi Wisata Pansela Tak Ikut Dinaikkan. Ini Alasan Pemkab...

"Tadi baru kamikoordinasikan untuk menentukan titik-titik bayar bansos di mana saja. Sampai sekarang perintah bayarnya belum turun," kata Fahdian, Senin (5/9/2022). 

Dari 343.121 data penerima bansos BBM se-DIY, Gunungkidul menjadi penerima terbanyak dengan jumlah 95.799, kemudian Bantul 88.106 penerima, Sleman 87.348, Kulonprogo 48.799, dan Kota Jogja sebanyak 23.069 penerima. Menurut Fahdian, data itu masih berubah lantaran ada penerima yang diblokir akibat berbagai sebab. 

"Kemungkinan pasti akan ada perubahan data penerima, meskipun jumlahnya sudah kita terima. Ini data bisa kurang atau bisa bertambah. Tapi besar kemungkinan akan bertambah," ujardia. 

Fahdian mengatakan bansos BBM akan disalurkan berbarengan dengan penyaluran bantuan pangan non tunai (BPNT). PT Pos masih menunggu data valid berkaitan dengan warga yang hanya menerima bansos BBM atau bansos BBM sekaligus BPNT. "Kami belum tahu berapa yang menerima bansos BBM , yang menerima bansos BBM plus BPNT satu bulan atau bansos BBM plus BPNT tiga bulan. Ini masih dikoordinasikan terus datanya karena belum final," ungkapnya. 

BACA JUGA: Viral Arthur Irawan Mengamuk dan Ajak Duel Fans Persik

Bansos dampak kenaikan harga BBM untuk warga Kota Jogja akan disalurkan di tiga kantor pos, tetapi ada kemungkinan bakal bertambah. Sementara di wilayah Sleman, bansos akan dikucurkan di kantor pos lantaran balai desa dinilai kurang representatif untuk mengadakan pembagian dengan jumlah warga yang cukup banyak. 

"Penyaluran tetap di kantor pos, tapi kamijuga diskusikan apakah akan ditambah tempat penyalurannya supaya lebih dekat ke masyarakat," ucap dia.

Advertisement

Namun, secara umum PT Pos mengaku siap menyalurkan bansos BBM kepada masyarakat. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keluarga dengan Umur Total 1.058 Tahun

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement