Advertisement

Siap-siap! Sosialisasi ke Warga Terdampak Tol Jogja-YIA Dimulai Oktober

Sunartono
Selasa, 06 September 2022 - 22:47 WIB
Bhekti Suryani
Siap-siap! Sosialisasi ke Warga Terdampak Tol Jogja-YIA Dimulai Oktober Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Izin Penetapan Lokasi (IPL) pembangunan jalan tol Jogja-YIA diperkirakan baru akan terbit setelah Desember 2022 mendatang. Saat ini tim persiapan pembebasan lahan sedang mempersiapkan penjadwalan sosialisasi ke warga terdampak pembangunan yang rencananya dimulai pertengahan Oktober 2022.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno menjelaskan IPL pembangunan jalan tol Jogja-YIA saat ini kasih berproses di Pemda DIY. Pekan ini rencananya akan dilakukan pembahasan ulang untuk mencermati dokumen IPL bersama lintas sektoral, dalam hal ini tim persiapan pembebasan lahan.

“Tim ini nantinya terdiri dari pihak yang membutuhkan lahan [pemerintah pusat] Sekda DIY, kami Dinas PTR DIY, Dinas PU ESDM, Dinas Perhubungan, Bupati tiga kabupaten, Dinas PTR 3 kabupaten, Panewu yang wilayahnya terdampak,” katanya, Selasa (6/9/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Ia mengatakan selain mencermati kelengkapan dokumen IPL yang diajukan Ditjen Bina Marga, juga akan membuat jadwal sosialisasi ke warga terdampak. Jika dalam rapat tersebut sudah tidak ada persoalan dari sisi dokumen, maka tim persiapan akan segera dibentuk oleh Gubernur DIY.

BACA JUGA: Warga Bantaran Sungai Code Menolak Digusur oleh BBWSSO

“Saya harus rapat pendahuluan tim persiapan, itu yang harus kami awali dulu, rencananya tanggal 8 kami gelar rapat. Untuk mencermati kembali kelengkapan dokumen, begitu sudah oke, tim persiapan dibentuk Gubernur DIY, kami baru menjadwal kegiatan sosialisasi,” katanya.

Setelah mendapatkan perencanaan jadwal sosialisasi, selanjutnya tim akan menghadap ke tiga pimpinan daerah terdampak pembangunan, dalam hal ini Sleman, Bantul dan Kulonprogo. “Kemungkinan besar kami akan menghadap tiga bupati, setelah rapat tim terjadwal. Tujuan ke bupati? Untuk kulonuwun dan pemberitahuan akan melakukan sosialisasi di wilayahnya,” ujarnya.

Krido memperkirakan sosialisasi pembangunan tol Jogja-YIA kepada warga terdampak rencananya akan dimulai pada pertengahan Oktober 2022 mendatang. Meski demikian ia belum bersedis merinci titik mana saja yang terdampak.

“Sosialisasi ke warga perkiraan dilakukan perhitungan kami di pertengahan Oktober 2022, sehingga sudah selesai konsultasi publiknya harapan kami di Bulan Desember ancer-ancer proses IPL bisa melihat perkembangan,” ucapnya.

Advertisement

Terkait penerbitan IPL Jogja-YIA, menurut perkiraan setelah Desember 2022 mendatang, karena harus menunggu sosialisasi dna konsultasi publik memastikan bahwa warga terdampak setuju. Meski demikian, jika semua berjalan lancar bisa jadi penerbitan IPL lebih maju dari perkiraan tersebut.

“Mudah-mudah tidak ada masalah ketika konsultasi publik, jadi evaluasinya konsultasi publik di pertengahan Desember. IPL ancer-ancer setelah Desember 2022, tetapi mudah-mudahan lebih cepat, nanti tergantung hasil dari konsultasi publik. Kalau lancar pasti cepat penerbitan IPL-nya,” kata Krido.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Pemecatan Fredy Sambo Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement