Advertisement

Porda DIY XVI 2022 Sudah 'On The Track’

Media Digital
Selasa, 06 September 2022 - 03:47 WIB
Sirojul Khafid
Porda DIY XVI 2022 Sudah 'On The Track’ Pengukuhan dan pelepasan kontingan Porda DIY di Sleman, beberapa waktu lalu. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022 yang pertandingannya berjalan sejak 29 Agustus lalu, dinilai Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY, H Djoko Pekik Irianto sudah on the track. Penekanan netralitas, objektivitas, dan sportivitas terus terjaga dalam setiap pertandingan dan perlombaan yang digelar.

“Kalau kami lihat dari persiapan dan pelaksanaan, kami merasa Porda kali ini sudah menunjukkan seperti yang kami inginkan. Dalam pelaksanaan pertandingan, meski ada beberapa kasus, tapi bisa diselesaikan. Semua Pengda berupaya melaksanakan seperti yang telah dipesankan, jaga netralitas, objektivitas, dan sportivitas," kata Djoko Pekik, belum lama ini.

Salah satu wujud untuk terus menjaga netralitas, objektivitas, dan sportivitas, sejumlah cabor mengundang wasit atau juri  dari luar daerah dengan lisensi nasional dan bahkan internasional untuk memimpin pertandingan atau perlombaan. Dengan kebijakan tersebut diharapkan pelaksanaan pertandingan atau perlombaan lancar dan sportivitas terus dijaga.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Meskipun dalam perjalanannya tetap muncul beberapa kasus, namun hal tersebut dapat diselesaikan dan akan menjadi bahan evaluasi menyeluruh KONI DIY untuk terus menyempurnakan pelaksanaan Porda DIY ke depannya. "Kemarin muncul kasus seperti di woodball, tapi akhirnya juga selesai dengan pegangan regulasi. Untuk ketentuan khusus dalam sebuah pertandingan, acuan di THB (Technical Handbook)," ucapnya.

BACA JUGA: Porda DIY: Kalahkan Bantul di Final, Tim Futsal Putri Sleman Tambah Koleksi Emas

Pelaksanaan pertandingan dan perlombaan Porda yang dirasa berjalan lancar ini menurut Djoko tak lepas dari kondisi venue cabor yang sudah cukup bagus. "Jauh hari kami sudah tekankan, untuk memberikan dan menjaga kualitas pertandingan, maka standardisasi venue juga harus dijaga. Kami bersyukur, venue yang digunakan pada Porda kali ini sudah bagus," paparnya.

Bahkan, demi menjaga standardisasi, Kabupaten Sleman yang mendapat mandat ketempatan Porda tahun ini membangun dua venue baru untuk cabor menembak dan berkuda nomor equistrian. "Menembak memiliki venue baru di Stadion Maguwoharjo dan ini sangat bagus, demikian juga untuk berkuda equistrian. Yang lainnya mendapatkan renovasi seperti di kompleks UNY dan GOR Klebengan, Ini menunjukkan keseriusan Sleman dalam menyiapkan Porda," jelasnya.

Djoko Pekik juga mengapresiasi kebijakan baru, beberapa cabor ditandingkan atau dilombakan di pusat perbelanjaan. Kebijakan tersebut bisa menjadi percontohan untuk event yang sama di daerah lain.

BACA JUGA: Perolehan Medali pada Porda-Peparda DIY 2022, Sleman dan Bantul Kejar-kejaran

Advertisement

"Ini bisa jadi percontohan, karena beberapa cabor digelar di pusat perbelanjaan tapi tetap memenuhi standar. Ini akan menarik perhatian masyarakat dan memberi pesan bahwa olahraga tidak harus di lapangan, bisa juga di mall," ujarnya.

Apresiasi tinggi diberikan Ketum KONI DIY kepada Pemkab Sleman yang mampu menyuguhkan seremonial pembukaan Porda yang levelnya hampir mendekati Pekan Olahraga Nasional (PON). "Opening kemarin menurut saya sudah lebih dari cukup untuk Porda. Kami mengapresiasi Pemda Sleman karena ini tidak kalah dengan PON," tegasnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keluarga dengan Umur Total 1.058 Tahun

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement