Advertisement

Nasib BLT BBM di Kulonprogo Belum Jelas, Begini Dalih Pemkab

Catur Dwi Janati
Selasa, 06 September 2022 - 06:17 WIB
Arief Junianto
Nasib BLT BBM di Kulonprogo Belum Jelas, Begini Dalih Pemkab Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Jadwal penyaluran dan jumlah sasaran penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kulonprogo masih belum jelas hingga kini.

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kulonprogo mengaku masih berkoordinasi dengan PT Pos Indonesia terkait dengan penyaluran bantuan ini. Padahal, saat ini, harga BBM, baik yang bersubsidi (Pertalite dan Solar) maupun nonsubsidi (Pertamax) sudah naik.

Kepala Dinsos PPPA Kulonprogo, Yohanes Irianto menerangkan bila koordinasi telah dilakukan dengan PT Pos Indonesia terkait dengan penyaluran BLT BBM.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Ada Tol Mengarah ke YIA, Ini Dia Tiga Permintaan Pemkab Kulonprogo

Namun, koordinasi tersebut belum sampai pada bahasan pembuatan jadwal. Irianto juga masih menunggu juknis lebih lanjut dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"PT Pos Indonesia sudah berkoordinasi dengan kami, tetapi belum sampai pada pembuatan jadwal penyaluran. Kami juga masih menunggu surat dan juknis dari Kemensos," kata dia, Senin (5/9/2022).

Perihal jumlahnya, Irianto saat ini belum tahu berapa jumlah masyarakat Kulonprogo yang menjadi sasaran BLT BBM ini. Menurutnya data berada di PT Pos. "Belum tahu [jumlah sasaran], ada di PT Pos," tuturnya.

Data penerima bansos secara by name by address ditentukan dari Kemensos. Namun, bila ada usulan atau penyanggahan bansos, Irianto menerangkan bila ada aplikasi khusus yang bisa mengurusi hal-hal tersebut. "Ada aplikasi cek bansos untuk usul, sanggah dari Kemensos," terangnya.

Meski belum digulirkan di Kulonprogo, Irianto mewanti-wanti masyarakat untuk menggunakan dana BLT BBM nantinya dengan bijak, seperti untuk keperluan pembelian bahan-bahan pangan.

Advertisement

"Bagi penerima bansos agar menggunakan bantuan untuk membeli bahan pangan yang akan terdampak kenaikan BBM," kata dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buron Tujuh Tahun, Pria Ini Tertangkap Saat Daftar Kerja di Kantor Polisi, Eh Gimana?

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement