Advertisement

Ada Tol Mengarah ke YIA, Ini Dia Tiga Permintaan Pemkab Kulonprogo

Catur Dwi Janati
Minggu, 04 September 2022 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Ada Tol Mengarah ke YIA, Ini Dia Tiga Permintaan Pemkab Kulonprogo Pembangunan Tol Jogja Solo. - Istimewa/PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM)

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Pemkab Kulonprogo mengajukan sejumlah usulan terkait pembangunan jalan tol yang mengarah ke Yogyakarta International Airport (YIA). Beberapa usulan itu di antaranya adalah soal keberadaan exit toll dan pembangunan fasilitas penghubung antarwilayah yang disekat oleh tol.

"Usulan-usulannya sudah sering disampaikan pada saat pertemuan-pertemuan teknis. Satu contoh misalkan itu exit toll, kami itu kan mintanya tiga titik, Sentolo, Wates dan YIA. Yang di YIA ini harapan kami tidak langsung connect dengan bandara, tetapi masuk dulu ke jalan nasional biar kami juga dapat efeknya," ucap Plh. Sekda Kulonprogo, Bambang Tri Budi Harsono, Minggu (4/9/2022).

Usulan Pemkab lainnya, kata dia, adalah terkait dengan akses masyarakat di sekitar tol. "Termasuk fungsi-fungsi drainase, irigasi, ini juga masih bisa tetap berjalan," ujarnya.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Baru Ada di Satu Titik, Segini Kebutuhan Ideal Markas Damkar di Kulonprogo

Tak hanya itu, Pemkab Kulonprogo juga mengusulkan bila ada satu RT yang terkena tol dan hanya tersisa dua rumah, harapannya rumah tersisa itu juga bisa dibebaskan. "Biar tidak mencil gitu ya tinggal satu keluarga atau dua keluarga kan," tuturnya.

Di sisi lain, imbuh dia, terkait dengan rest area, Bambang juga berharap keberadaan rest area tersebut dapat menyerap produk UKM Kulonprogo. "Mau tidak mau kan ada rest area-nya kan itu, harapan kami UKM Kulonprogo bisa dilibatkan," kata dia.

Selain itu Bambang juga menuturkan bila dalam proses pengadaan atau pembebasan lahan nantinya tetap dapat mengedepankan sosialisasi dan musyawarah agar tidak timbul gejolak. 

Sebelummya, pada sekitar pertengahan Juli lalu Direktur Teknik PT Jogjasolo Marga Makmur, Pristi Wahyono menerangkan pembangunan Tol Jogja-YIA masih dalam proses Izin Penetapan Lokasi (IPL).

Setelah proses IPL rampung, sosialiasi kepada masyarakat akan dilakukan. Lantas akan dilakukan proses apraisal, pembebasan, pembayaran dan beberapa proses lainnya yang masih akan bergulir.

Advertisement

"Total di Kulonprogo ini ada enam Kapanewon. Kalau bicara desanya itu 17 desa, ini yang ada di Kulonprogo. Ini baru drafnya tapi pastinya setelah ada IPL, estimasinya ini lah kira-kira," terangnya.

Menilik dari spesifikasinya, Pristi menjelaskan bila secara umum tol yang dibangun ke arah YIA sama dengan jalan tol lainnya. "Jalan tol itu ya kami bikin dengan jalan bebas hambatan dengan lebar dua lajur masing-masing lajur ada dua jalur lah," jelasnya.

Exit Toll Sentolo

Advertisement

Sementara itu terkait dengan jalur exit toll, diproyeksikan akan ada tiga exit toll di Kulonprogo ke depannya. Jalur tersebut tersebar di tiga titik meliputi Sentolo, Wates dan YIA.

Hanya saja, untuk exit toll Sentolo belum masuk dalam tahap penggarapan awal, lantaran lalu lintasnya yang dinilai masih rendah. "Yang di Sentolo itu memang itu untuk next-nya. Karena untuk saat ini dari kajian analisa traffic kami, masih rendah, sehingga kalau dibuat itu rasanya tidak efektif. Untuk sementara yang kita bangun di depan yang di Wates dan YIA," tandasnya.

Rencana awal pembebasan lahan di Kulonprogo akan digulirkan mulai akhir tahun 2022 sampai akhirnya 2023. Sementara target operasionalnya dipatok bisa digunakan pada akhir tahun 2025 atau awal 2026.

Pristi menilai, keberadaan jalan tol Jogja ke Kulonprogo YIA nantinya akan sangat membantu konektivitas dan kelancaran lalu lintas dari dan menuju ke bandara. Dia memperkirakan akan ada banyak waktu yang terpangkas dengan adanya tol Jogjakarta - YIA. "Kalau nanti sudah jadi, insyaallah dari jogja sampai sini mungkin hanya setengah jam sudah nyampai sini," tukasnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hasil Investigasi: Ini Kesalahan Fatal Panpel Arema FC dalam Tragedi Kanjuruhan

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement