Advertisement

Selain Ramah Lingkungan, Bus Listrik Juga Bikin Indonesia Mandiri Energi

Anisatul Umah
Jum'at, 16 September 2022 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Selain Ramah Lingkungan, Bus Listrik Juga Bikin Indonesia Mandiri Energi Ilustrasi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemerintah semakin gencar mendorong pemanfaatan kendaraan listrik. Presiden Joko Widodo memberikan instruksi langsung agar kendaraan dinas bisa berbasis listrik. Kendaraan listrik memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kendaraan berbasis bahan bakar minyak (BBM).

Kendaraan listrik lebih ramah lingkungan, sumber energinya bisa dari energi terbarukan, dan juga mendorong Indonesia menjadi negara yang mandiri energi karena tidak perlu impor. Di Jogja, kendaraan listrik sudah dipakai di lingkungan pendidikan seperti kampus. Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu kampus yang sudah memanfaatkan kendaraan listrik.

Sejak April tahun ini, dua bus listrik Trans Gajah Mada (Transgama) telah beroperasi. Ketua Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Pengolahan Isyarat Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik UGM (DTETI FT UGM), Eka Firmansyah mengatakan bus listrik memiliki kekurangan dan kelebihan.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Kelebihannya, biaya energi yang dibutuhkan untuk mengisi daya di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) lebih murah daripada isi BBM di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Kendaraan listrik menurutnya juga lebih hening, sehingga nyaman bagi penumpangnya.

"Kerugian transportasi sejenis adalah biaya awal yang besar. Bus listrik lebih mahal daripada bus biasa. Sekitar dua kali lipat dari bus biasa," ucapnya kepada Harian Jogja, Jumat (16/9/2022).

Infrastruktur pengisian daya bus listrik harus diperkuat karena kebutuhan dayanya besar. "Paling sering dilupakan, kendaraan massal listrik ini memerlukan budaya baru. Mulai budaya antre, budaya merencanakan perjalanan, budaya tertib, dan budaya sopan. Ini merupakan hal penting dalam dunia pendidikan," jelasnya.

BACA JUGA: Pengisian Daya Mobil Listrik Rencananya Dibangun di Sekitar Malioboro

Bus listrik di UGM masih memanfaatkan suplai dari PT PLN (Persero). Namun demikian sumber listrik PLN saat ini tidak hanya berasal dari energi fosil, tetapi juga dari energi terbarukan.

"Bus listrik ini digunakan untuk angkutan internal kampus. Di masa awal penggunaan, penumpang masih sedikit. Tapi sekarang sudah mulai banyak dimanfaatkan terutama pada jam sibuk," ucapnya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lukas Enembe Kembali Tak Penuhi Panggilan Penyidikan karena Sakit, Kuasa Hukum Ajak KPK ke Papua

News
| Senin, 26 September 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement