Advertisement

Jogja Bike Rendezvous Diikuti Ribuan Bikers, Peserta Dinilai Taat Lalu Lintas

Anton Wahyu Prihartono
Sabtu, 17 September 2022 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
Jogja Bike Rendezvous Diikuti Ribuan Bikers, Peserta Dinilai Taat Lalu Lintas Pembukaan JBR 2022 di Jogja Expo Center, Sabtu (19/9/2022). - Harian Jogja/Anton Wahyu Prihartono

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Para peserta Jogja Bike Rendezvous (JBR) 2022 dinilai tertib berlalu lintas. Jarang ditemui para peserta menerobos lampu merah.

Salah satu peserta JBR 2022 dari Sukabumi, Jawa Barat, mengaku pelaksanaan JBR 2022 sejak Jumat (16/9/2022) berlangsung aman dan lancar. Lalu lintas di Kota Jogja juga relatif lancar meski banyak peserta Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) datang dari berbagai kota di Indonesia. "Cukup tertib kali ini. Lancar. Semoga sampai akhir," ujar salah satu peserta yang enggan disebut namanya saat ditemui di Jogja Expo Center, Bantul, Sabtu (17/9/2022).

Ketua Pengda HDCI Yogyakarta Santoso Rohmad mengatakan selama pelaksanaan JBR 2022, para bikers berkomitmen untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Bahkan, pada saat para peserta berdatangan masuk wilayah Jogja, para bikers mematuhi rute yang sudah diatur panitia. 

"Pintu masuk timur dari arah Surabaya atau Solo kami arahkan menuju Pantai Depok melalui satu jalur. Begitu juga dari arah barat juga satu jalur, sehingga nyaris tidak ada lalu lalang para bikers di Kota Jogja. Mereka juga patuh rambu-rambu lalu lintas. Saat lampu merah, mereka juga berhenti. Semoga ini juga terus kami pertahankan sampai acara berakhir pada hari Minggu," kata Santoso, seusai pembukaan JBR 2022 di Jogja Expo Center, Sabtu.

Santoso mengatakan panitia sudah berkoordinasi dengan masing-masing pengda atau cabang agar peserta senantiasa menaati lalu lintas dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. 

Dia mengaku ada sekitar 2.000 bikers dari seluruh Indonesia yang masuk Jogja seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Denpasar, Kalimantan Timur, Aceh, Medan dan kota lainnya. Bahkan, lanjut Santoso, bikers dari Amerika Serikat juga ikut gabung fo JBR ini. "Saya dapat laporan ada bikers dari Amerika Serikat yang ikut datang ke Jogja. Mereka ingin melihat Jogja," kata Santoso.

Santoso kembali menegaskan JBR ini bisa mendongkrak ekonomi DIY sekaligus menggerakkan pariwisata dan UMKM. "Selain diisi dengan kegiatan sosial, para pelaku UMKM di Jogja kami libatkan. Karena yang datang ke Jogja jumlahnya cukup banyak, momen ini harus bisa kita maksimalkan," kata dia.

Pada Sabtu sore dan Minggu acara diisi dengan pesta rakyat dan pesta UMKM. Acara ini sekaligus sebagai temu kangen anggota HDCI di seluruh Indonesia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi, Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement