Advertisement

Sleman Berguru Pengelolaan Wisata Religi ke Wonosobo

Anisatul Umah
Minggu, 18 September 2022 - 19:17 WIB
Jumali
Sleman Berguru Pengelolaan Wisata Religi ke Wonosobo Kunjungan Pemkab Sleman beserta rombongan ke Wonosobo - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman bersama dengan 40 orang Pengelola Wisata Religi Makam Syekh Jumadil Qubro dan Pokdarwis Pakembinangun, Pakem Sleman, berkunjung ke Wonosobo, Jawa Tengah, Kamis (15/9/2022). Kunjungan itu dilakukan untuk belajar tentang pengelolaan wisata religi.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Wasita mengatakan pengembangan wisata religi di Sleman cukup prospektif. Salah satu objek wisata religi yang bisa dikembangkan yakni Makam Syekh Jumadil Kubro di Turgo Purwobinangun Pakem.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Menurutnya, sektor wisata menjadi salah satu tumpuan untuk membangkitkan perekonomian, utamanya usai pandemi Covid-19. Sehingga sektor pendukung wisata lainnya bisa turut bangkit.

"Harapannya semua sektor pendukung pariwisata dapat secara bersama-sama bangkit memulihkan kesejahteraan masyarakat, diantaranya para pelaku seni pertunjukan, kuliner, UMKM, hotel dan perjalanan wisata," katanya.

Keberadaan Yogyakarta International Airport (YIA) juga potensial mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi. Ditambah dengan rencana pembangunan jalan tol, semakin menambah opsi transportasi.

Salah satu hal yang digali dari kunjungan ini adalah praktik baik tentang strategi pengembangan dan pengelolaan destinasi wisata religi di Wonosobo. Menurutnya Wonosobo terbukti mampu melakukan pengelolaan dengan baik.

"Dikolaborasikan dengan pengembangan ekonomi kreatif yang ada di wilayahnya. Sehingga mampu meningkatkan sektor pariwisata," jelasnya.

Selain itu juga bisa mendorong perekonomian warga masyarakat, peluang usaha, dan lapangan kerja bagi masyarakat di sekitar destinasi wisata.

"Praktik baik yang diharapkan diperoleh dari Kabupaten wonosobo diantaranya meliputi pengelolaan kelembagaan, pengembangan SDM, jalinan kemitraan dari stakeholder terkait," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bulog Tangkap Tangan Mafia Beras Penyebab Kenaikan Harga

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Salah Kaprah, Ini Makna Healing yang Sesungguhnya

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 19:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement