Advertisement

Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2022, Komisi C Dorong Dishub DIY Tingkatkan Kinerja

Media Digital
Selasa, 20 September 2022 - 06:47 WIB
Sirojul Khafid
Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2022, Komisi C Dorong Dishub DIY Tingkatkan Kinerja Ni Made Dwipanti Indrayanti (berdiri kedua dari kiri) saat menjadi inspektur upacara di Hari Perhubungan Nasional di Gate Out Parkiran Bandara Adisucipto, Sleman, Sabtu (17/9/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan (Dishub) DIY telah menyelenggarakan acara perayaan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2022. Kegiatan ini bertempat di Gate Out Parkiran Bandara Adisucipto Yogyakarta, Sabtu (17/9/2022) pukul 07.30 hingga 13.00 WIB.

Harhubnas kali ini mengusung tema "Bangkit Maju Bersama Menuju Mobilitas Berkelanjutan,". Perayaan ini berlangsung dengan meriah, dihadiri oleh berbagai pihak yaitu DPRD DIY, Polda DIY, PT. KCI, PT. AMI, PT. Angkasa Pura I, PT. Jasa Raharja DIY, Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota, BPD DIY, masyarakat umum, dan berbagai mitra perhubungan lainnya.

Upacara membuka acara dengan Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti sebagai inspektur upacara. Kemeriahan berlanjut dengan launching Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Tarif Pelajar, serta aplikasi Jogja Parkir (Jogkir) di atas panggung. Selanjutnya dilakukan penempelan stiker perizinan kepada salah satu armada taksi sebagai bentuk simbolis diluncurkannya stiker perizinan.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Setelah rangkaian launching, acara berlanjut dengan hiburan panggung yang berisi penampilan musik oleh The Transporters Band, pembagian doorprize, serta penyerahan hadiah penghargaan kepada para pemenang rangkaian acara peringatan harhubnas 2022.

BACA JUGA: Wisatawan Jogja! 4.000 Pedagang Pasar Beringharjo Bakal Gunakan Transaksi Non-Tunai

Dalam pandangannya, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan Harhubnas tahun ini mengambil tagline Maju Bersama untuk Transportasi yang Berkelanjutan. Harapannya, ini menjadi titik awal bagaimana mulai sekarang berkaitan dengan pelayanan publik khususnya transportasi publik harus lebih ditingkatkan.

"Untuk dapat mencapai kondisi di mana tidak hanya mengatasi kemacetan semata, tetapi juga berkaitan dengan penanganan lingkungan dengan menitikberatkan pada green dan smart, sehingga hal ini dapat mendukung kondisi ekonomi masyarakat lebih baik lagi," ucap Ni Made.

Menurutnya, mulai sekarang seharusnya kita sudah berfikir untuk hari esok yang lebih baik, dengan dimulai menghargai angkutan umum sebagai sarana transportasi yang mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Menanggapi peringatan Harhubnas 2022, Anggota Komisi C DPRD DIY, Katir Triatmojo menyampaikan ucapan selamat Harhubnas. Teruntuk Dishub DIY, momentum Harhubnas dapat dijadikan sebagai evaluasi peningkatan kinerja. Secara umum program dan pelaksanaan kegiatan Dishub DIY selama ini relatif berjalan baik dan normal. Sebagai catatan, ada beberapa hal yang perlu peningkatan kinerja.

Advertisement

Pertama, masih banyak titik-titik kemacetan lalu lintas di wilayah DIY. Semisal di Kabupaten Bantul, jalur-jalur strategis seringkali tak terhindarkan dari kemacetan. "Masukan kami agar Dishub DIY lebih aktif lagi bagaimana mengurai kemacetan. Misalnya rambu-rambu lalu lintas perlu diperbanyak lagi. Karena apa yang terjadi di jalanan menyangkut cerminan keadaan Yogyakarta, jika jalanan lancar maka tentu wisatawan yang berkunjung ke DIY merasa nyaman," ucap politisi asal Daerah Pemilihan Bantul Timur itu.

Catatan berikutnya, Katir meminta kepada Dishub DIY senantiasa mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas. Bagaimana rekayasa lalu lintas diarahkan bisa meminimalisir risiko pengendara. "Harapannya angka tingkat kecelakaan di DIY bisa terus ditekan, bagaimana caranya, silahkan saja Dishub melakukan menajamen pengelolaan jalur lalu lintas sebaik mungkin," ungkapnya.

BACA JUGA: Pemda DIY Siapkan Ikon Baru di Malioboro, Begini Gambarannya...

Advertisement

Sedangkan Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, menyambut baik peluncuran beberapa program untuk masyarakat dalam HUT Perhubungan. "Sebagai contoh tarif khusus 60 rupiah untuk pelajar di Transjogja. Hal ini akan memudahkan pelajar naik trans karena murah. Harapannya mengurangi naik motor, banyak anak-anak belum cukup usia naik motor hingga bahaya, sampai klitih juga rawan," ucap politisi PKS, itu.

Huda juga melihat program kartu akses KAI commuter dengan Transjogja sebagai gagasan menarik karena lebih efektif dan efisien. "Warga yang naik kereta bisa langsung pindah Transjogja," tutur Huda.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demi Prabowo, Gerindra Siap Lawan Anies Baswedan di Pilpres 2024

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement