Advertisement

Berusia 67 Tahun, Fakultas Biologi UGM Tekankan Peran Penting Biologi dalam Melawan Kriminalitas

Lugas Subarkah
Rabu, 21 September 2022 - 05:37 WIB
Sirojul Khafid
Berusia 67 Tahun, Fakultas Biologi UGM Tekankan Peran Penting Biologi dalam Melawan Kriminalitas Dekan Fakultas Biologi UGM, Budi Setiadi Daryono, menyampaikan laporan dalam Rapat Terbuka Senat Fakultas Biologi UGM, Selasa (20/9/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Genap berusia 67 tahun, Fakultas Biologi UGM yang merupakan fakultas biologi tertua di Indonesia memiliki banyak peran pada kehidupan masyarakat. Salah satu perannya dalam memecahkan kasus kriminal, termasuk penyalahgunaan narkoba.

Hal ini disampaikan dalam Rapat Terbuka Senat Fakultas Biologi UGM Peringatan Dies natalis ke-67, di auditorium Fakultas Biologi UGM, Selasa (20/9/2022). Mengangkat tema ‘Bersama Membangun Sinergi, Unggul dalam Pekerti dan Prestasi,’ dies natalis ini dihadiri oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Timur, Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto, yang menyampaikan orasi ilmiah berjudul Peran Biologi dalam Memecahkan Masalah Kriminal dan Narkoba.

Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto merupakan alumni Fakultas Biologi UGM 1992. Dalam orasi ilmiahnya, ia menuturkan selama berkiprah di BNN, ilmu biologi berperan penting dalam memecahkan masalah kriminalitas termasuk dalam kasus penyalahgunaan narkoba.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Peduli Sekitar, UGM Luncurkan Kibar

Disiplin ilmu diologi, khususnya dalam cabang ilmu genetika, biologi molekuler dan forensik menurutnya banyak membantu polisi dalam memecahkan kasus kriminal. “Dengan memanfaatkan ilmu biologi tersebut, maka kasus kejahatan dapat teridentifikasi baik dari sisi korban maupun pelaku berdasarkan jejak-jejak yang tertinggal,” ujarnya.

Cabang lainnya seperti morfologi, biokimia, dan mikrobiologi juga memiliki peran penting dalam memerangi penyalahgunaan narkoba. Ia mencontohkan pemusnahan ladang ganja yang bisa dilakukan menggunakan hama alaminya.

“Setiap tanaman memiliki hama alami, demikian juga dengan ganja. Hama alami tanaman ganja yang sering ditemukan antara lain tungau laba-laba, lalat putih dan kutu hitam. Hal ini menarik untuk diteliti lebih dalam,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Biologi UGM, Budi Setiadi Daryono, menuturkan penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda merupakan salah satu tantangan besar bagi bangsa Indonesia. Fenomena ini menjadi suatu gejala sosial yang membawa dampak di segala aspek kehidupan.

BACA JUGA: SAPDA DIY Minta Pelaku Pencabulan Anak Difabel Dihukum Berat

Advertisement

“Peningkatan pengawasan dan pengendalian sebagai upaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkoba, sangat diperlukan karena kejahatan di bidang ini semakin berkembang baik kualitas maupun kuantitasnya,” katanya.

Untuk itu, kepolisian diharapkan selalu siap memerangi dan menanggulangi penyalahgunaan narkoba, dengan berbagai inovasi. “Melalui kerja sama dengan instansi-instansi terkait, termasuk perguruan tinggi serta masyarakat luas,” kata dia.

Fakultas Biologi UGM saat ini memiliki mahasiswa aktif sebanyak 1.408 mahasiswa. Jumlah ini terdiri dari mahasiswa prigram sarjana, magister dan doktor. Di bidang kemahasiswaan, mahasiswa Fakultas Biologi UGM selama 2021 tercatat meraih sebanyak 26 prestasi nasional dan delapan prestasi internasional. Pada 2022 hingga September ini 16 prestasi nasional dan dua prestasi internasional.

Advertisement

“Capaian mahasiswa di tingkat internasional diantaranya kompetisi internasional iGEM 2021 Giant Jamboree, Summer Research Internship Grant, Osaka University Student Video Contest, Youth International Science Fair dan ASEAN Inovation Science Environmental and Entrepreneur Fair,” ungkapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement