Advertisement

Baru Kenalan dengan Pacar lewat Aplikasi Jodoh, Gadis di Bantul Kehilangan Motor

Ujang Hasanudin
Selasa, 04 Oktober 2022 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Baru Kenalan dengan Pacar lewat Aplikasi Jodoh, Gadis di Bantul Kehilangan Motor ilustrasi curanmor. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com,BANTUL—Kepolisian Sektor Kretek menangkap DRW alias Andrian alias Rian,  24, tersangka penipuan dan penggelapan sepeda motor milik teman wanitanya yang baru dikenal lewat media sosial (Medsos) pencari jodoh pada 18 September lalu.  Saat ini warga Grobogan, Jawa Tengah tersebut mendekam di tahanan Polsek Kretek.

Kapolsek Kretek Kompol,  Yosephine Iswantari mengatakan tersangka Rian ditangkap di Indramayu,  Jawa Tengah pada 20 September lalu atau dua hari setelah kejadian setelah tersangka membawa lari motor korban, “Tersangka saat ini ditahan di Polsek Kretek atas kasus penipuan dan penggelapan,” kaya Yosephine dalam jumpa pers di Mapolsek Kretek,  Senin (4/10/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Yosephine menjelaskan kasus tersebut bermula saat tersangka Rian berkenalan dengan korban Wulan,  20, seorang pelajar asal Banguntapan,  Bantul,  pada 5 September melalui media sosial atau aplikasi perjodohan Litmach.  Perkenalan tersebut berlanjut melalui percakapan lewat aplikasi percakapan Whatsapp.  Bahkan setiap dua hari sekali keduanya intens berkomunikasi baik lewat chat maupum video call.

BACA JUGA: Dugaan Penyekapan dan Intimidasi Wali Murid SMAN 1 Wates Kini Diusut Polisi

Selanjutnya pada 17 September,  tersangka Rian ke Jogja ingin bertemu korban dan korban menjemputnya di Terminal Giwangan.  Keduanya main ke Parangtritis,  Malioboro,  hingga Alun-alun Kidul sampai malam hari dan tersangka pamit pulang dan diantarkan korban ke Terminal Giwangan.

Keesokan harinya atau pada 18 September tersangka ingin kembali bertemu korban kemudian korban menjemputnya di Terminal Giwangan pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB.  Korban membonceng tersangka menggunakan motor korban menuju Pantai Parangtritis, kemudian ngobrol-ngobrol di sebuah warung sambil ngopi.

“Di tengah obrolan tersangka mengaku ingin berenang namun tidak bawa baju ganti. Tersangka izin membeli celana dengan membawa motor korban,” papar Yosephine.

Setelah lama ditunggu namun tersangka tidak juga kembali.  Korban akhirnya curiga dan menghubungi nomor telepon tersangka dan dijawab tersangka mampir beli rokok di minimarket.  Namun setelah ditunggu-tunggu tersangka tidak juga muncul.  Korban kemudian memghubungi nomor telepon tersangka, namun telepon selulernya sudah tidak aktif. 

Advertisement

“Ternyata tersangaka membawa motor milik korban tanpa seizin dan tidak dikembalikan,” katanya.  Korban akhirnya melapor ke Polsek Kretek pada 19 September.  Polisi langsung melakukan penyelidikan dan mendapat informasi di wilayah Grobogan, Jawa Tengah. 

Polisi kemudian mengejar ke Grobogan namun tersangka sudah melarikan diri ke Indramayu dan akhirnya ditangkap di Indramayu,  Jawa Barat pada 20 September. Selain menangkap tersangka Rian, polisi juga mengamankan barang bukti berupa Honda Beat Warna hitam tahun 2020 milik korban korban, satu buah baju, sepasang sepatu dan satu buah charger handphone milik tersangka.

“Tersangka terjerat tindak pidana penipuan dan atau penggelapan  sebagaimana  dimaksud dalam pasal 378 KUHP  dan atau 372  KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara,” tandas  Yoshephine.

Advertisement

Sementara itu tersangka Rian mengaku nekat membawa motor teman wanitanya yang baru dikenal lewat medosos karena kepepet, “Rencananya motor mau dijual untuk bayar hutang,” ucap Rian. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca, Hari Ini: Siang Ini, Kota dan Sleman Dilanda Hujan Petir

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement