Advertisement

Penularan Covid-19 di Jogja Diklaim Sudah Rendah, Ini Datanya

Newswire
Rabu, 05 Oktober 2022 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Penularan Covid-19 di Jogja Diklaim Sudah Rendah, Ini Datanya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Angka kasus penularan COVID-19 di Kota Jogja sudah rendah, temuan kasus barunya hanya 40 pada pekan ke-39, dari 25 September sampai 1 Oktober 2022.

"Penambahan kasus harian di Yogyakarta saat ini bisa dihitung dengan jari," kata Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Lana Unwanah di Jogja, Rabu (5/10/2022).

Advertisement

Dinas Kesehatan Kota Jogja juga mencatat selama pekan ke-39 jumlah pasien yang sembuh dari COVID-19 sebanyak 51 orang dan tidak ada pasien yang meninggal dunia karena penyakit itu. Pada pekan sebelumnya pun tidak ada kasus kematian akibat COVID-19.

Selain itu, berdasarkan hasil analisis kondisi epidemiologi, surveilans, dan kemampuan fasilitas pelayanan kesehatan sebanyak 24 dari 45 kelurahan di Kota Yogyakarta berada di zona hijau atau zona tanpa kasus COVID-19 dan sisanya masuk zona kuning atau zona risiko rendah.

Dari 14 kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta, sebanyak enam kecamatan di antaranya berada di zona hijau dan delapan lainnya masuk zona kuning.

Tidak ada kelurahan maupun kecamatan yang berada zona merah atau zona risiko tinggi penularan COVID-19 di Kota Yogyakarta.

Meskipun angka penularan penyakit tersebut sudah rendah, Pemerintah Kota Yogyakarta tetap menjalankan upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19, termasuk membuka selter isolasi untuk penderita COVID-19.

Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Bener Tower 1 tetap dioperasikan sebagai selter isolasi meskipun saat ini tidak ada satu pun pasien yang menjalani perawatan di fasilitas tersebut.

"Pasien terakhir yang masuk ke selter sudah dipulangkan pada 23 Agustus dan sampai sekarang tidak ada lagi pasien yang masuk," kata Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Okto Heru Santosa.

Namun, selter isolasi di Rusunawa Bener Tower 2 tidak lagi dioperasikan. Bangunan itu kembali difungsikan sebagai rumah susun sewa.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kota Yogyakarta Petrus Singgih Purnomo mengatakan bahwa petugas disinfeksi tetap disiagakan di selter isolasi Rusunawa Bener.

BACA JUGA: Siap-Siap! Kawasan Sekitar Tugu Jogja Bakal Ditutup Saat Karnaval Wayang

"Kami pun tetap menyiagakan tim untuk menyelenggarakan pemakanan dengan prosedur COVID-19. Pemakaman juga bisa dilakukan langsung oleh wilayah," katanya.

Sepanjang September 2022, BPBD Kota Yogyakarta mencatat ada enam pemakaman yang dilakukan sesuai dengan prosedur pencegahan penularan COVID-19.

Angka penularan COVID-19 yang sudah rendah dan cakupan vaksinasi yang tergolong tinggi, menurut Lana, merupakan modal untuk mempersiapkan Kota Yogyakarta dan seluruh masyarakatnya menuju kondisi endemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan IKN, Jokowi: Jangan Membayangkan Upacara 17 Agustus Sudah Jadi Semuanya

News
| Rabu, 17 Juli 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Shoulder Season, Periode Berwisata Antiribet

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement