Advertisement

Belum Ada Perintah Audit Stadion Sultan Agung, Kondisinya Diklaim Masih Baik

Ujang Hasanudin
Jum'at, 07 Oktober 2022 - 07:37 WIB
Sirojul Khafid
Belum Ada Perintah Audit Stadion Sultan Agung, Kondisinya Diklaim Masih Baik Stadion Sultan Agung Bantul - geo/Aerospace.com

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul belum mendapatkan tugas atau mandat untuk melakukan audit terhadap stadion termasuk Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul. Kepala DPUPKP Bantul, Aris Suharyanta, mengatakan mandat tersebut akan menjadi dasar dalam mengaudit.

"Kami belum mendapat surat atau tugas untuk audit [stadion],” kata Aris, singkat melalui aplikasi percakapan Whatsapp, Kamis (6/10/2022).  

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sebegaimana diketahui, Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan audit semua bangunan stadion, mulai dari pintu gerbang, posisi gedung, pagar, dan lainnya demi keselamatan penonton. Audit stadion ini terkait dengan tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang Jawa Timur, yang menyebabkan korban jiwa lebih dari seratus orang.

BACA JUGA: Musim Hujan, DPUPKP Bantul Disibukkan dengan Sampah di Bendung Kali

Sebelumnya, Dinas Pendidikan, Pemudan dan Olahraga (Disdikpora) Bantul yang mengelola SSA mengklaim pembangunan stadion sudah mengedepankan mitigasi atau pengurangan resiko bencana termasuk jika terjadi kerusuhan suporter.

“Dulu pernah juga kita gelar simulasi menghadapi bencana, termasuk jika ada kerusuhan kemana suporter atau atau pemain harus keluar atau jalur evakuasi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Subtansi Bidang Keolahragaan Disdikpora Bantul, Bagus Nur Edi Wijaya.

Bagus mengatakan SSA didesain sudah melalui mitigasi bencana termasuk jika ada kerusuhan. Menurutnya, stadion dengan kapsitas 17.500 penonton tersebut sudah dilengkapi dengan banyak pintu masuk dan keluar.

BACA JUGA: Lahan Terendam Air, Petani Rugi Ratusan Juta Rupiah

Advertisement

Ia mencontohkan di tribun bagian Timur terdapat 14 pintu keluar, kemudian tribun bagian Barat terdapat delapan pintu keluar. Belum termasuk tiga pintu merah putih untuk keluar masuk ambulans. “Jalur evakuasi ada pintu tiga keluar jalan besar Selatan, Timur, Utara. Sudah sesuai mitigasi bencana,” katanya.

Karena sudah sesuai dengan mitigasi, sehingga pihaknya tidak ada rencana untuk mengubah atau memperbaiki SSA, kecuali hanya perawatan rutin. Saat ini diakuinya kondisi SSA dalam kondisi baik sehingga tidak perlu ada perbaikan. Selain itu penambahan fasilitas juga tidak ada tahun ini, “Tidak ada rencana perbaikan dalam waktu dekat,” ucap Bagus.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Film Strangers with Memories Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Publik

News
| Rabu, 30 November 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement