Advertisement

Pelajar Donasikan Tanaman untuk Jaga Kelestarian Lingkungan di Sungai Code

Sunartono
Selasa, 11 Oktober 2022 - 06:47 WIB
Sirojul Khafid
Pelajar Donasikan Tanaman untuk Jaga Kelestarian Lingkungan di Sungai Code Pelaksanaan program donasi pohon untuk kelestarian lingkungan warga setempat. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pelajar SMK Kesehatan Binatama Yogyakarta menghimpun donasi tanaman buah untuk ditanam di sejumlah lokasi seperti penghijauan di sepanjang Sungai Code. Kegiatan itu digelar untuk menjaga kelestarian yang sejalan dengan program sekolah Adiwiyata.

Gerakan donasi ini juga diikuti oleh para guru, karyawan, dan seluruh siswa mendonasikan tanaman buah dengan berbagai macam yang sudah ditentukan. Mulai dari jeruk peras, jambu air, jambu biji, jeruk nipis, jeruk baby, jambu kristal, rambutan, belimbing hingga mangga.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Ini merupakan Program Adiwiyata dengan melakukan penghijauan lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar melalui donasi tanaman buah,” kata Kepala SMK Binatama, Nuri Hastuti, Senin (10/10/2022).

BACA JUGA: Guru Tewas Diduga Dipukul Kakak Kandung, Pelakunya Pernah Dirawat di RS Ghrasia

Ia menambahkan donasi tanaman buah ini dimulai sejak 26 September 2022 dengan diawali pengumpulan tanaman buah untuk guru dan karyawan dan siswa. Adapun tanaman tersebut selanjutnya akan didonasikan kepada masyarakat di sekitar sekolah di Kalurahan Sinduadi, Mlati, Sleman serta ditanam di sekitar Sungai Code. “Beberapa titik di Code masih ada lahan yang kosong, kami tanami buah untuk konservasi lingkungan,” katanya.

Nuri mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk konservasi keanekaragaman hayati baik lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat sekitar. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membentuk karakter siswa yang cinta terhadap lingkungan. Pembiasaan sejak dini diharapkan dapat tertanam dalam benak siswa. Sehingga, mereka akan terbiasa dengan kegiatan-kegiatan yang tujuannya untuk pelestarian lingkungan.

“Donasi bibit dialokasikan antara lain untuk masyarakat sekitar yaitu warga Dusun Gemawang, Karangjati Wetan, Dudika, dan sekolah SMP sasaran sosialisasi PPDB. Adapun bibit pohon yang di donasikan kurang lebih 250 pohon terdiri dari bibit pohon jeruk, rambutan, manga, kelengkeng dan lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA: Menangkal Hoaks Politik, Menggalang Kerja Kolaboratif

Advertisement

Guru dan siswa juga diajak menjaga keindahan sekolah adalah kewajiban seluruh warga sekolah. Menjaga keindahan sekolah bisa dilakukan dengan cara membersihkan lingkungan, merawat & menjaga fasilitas/sarana sekolah, dan menanam tanaman hias, tanaman buah dan lainnya. Tak hanya membawa, ke depannya juga akan dilibatkan dalam kegiatan menanam, perawatan tanaman sekolah.

Seperti menyiram tanaman, membersihkan daun yang gugur, hingga proses pemanfaatan menjadi produk kreatif dan inovatif. “Hal ini tak luput dari dukungan orangtua juga pada program sekolah Adiwiyata,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Biaya Riil Penyelenggaraan Haji Tahun Depan Capai Rp97,92 Juta

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement