Advertisement

2.000 Lebih Pengendara Langgar Lalu Lintas di Gunungkidul Selama Operasi Zebra Progo 2022

David Kurniawan
Selasa, 18 Oktober 2022 - 00:27 WIB
Budi Cahyana
2.000 Lebih Pengendara Langgar Lalu Lintas di Gunungkidul Selama Operasi Zebra Progo 2022 Ilustrasi razia lalu lintas. - Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Operasi Zebra Progo 2022 telah berakhir pada Minggu (16/10/2022). Selama operasi, ada 2.196 pelanggaran oleh pengendara kendaraan bermotor di Gunungkidul.

Kasatlanas Polres Gunungkidul AKP A. Purwanta mengatakan Operasi Zebra berlangsung selama 14 hari dan berakhir pada Minggu. Sedikitnya 140 personel dari Polres Gunungkidul dikerahkan untuk operasi ini.

Advertisement

Menurut dia, selama operasi ada 2.196 pelanggaran. Sebanyak 1.616 pelanggar dikenakani tilang. Sanksi langsung dijatuhkan saat pengendara kendaraan bermotor terjaring razia dalam operasi

Sisanya sebanyak 580 pelanggar hanya diberi teguran. “Teguran sebagai bentuk peringatan dan kalau kembali melanggar maka bisa disanksi secara tegas,” kata Purwanta kepada wartawan, Senin (17/10/2022).

Dia menjelaskan ada tujuh sasaran pelanggaran yang ditindak berdasarkan penglihatan secara kasat mata. Mayoritas pelanggaran adalah pengendara motor tidak memakai helm dan tidak menyalakan lampu kendaraaan.

“Untuk yang lainnya ada kaca spion tidak lengkap, pemakaian knalpot blombongan. Ada juga kondisi motor tidak sesuai pabrikan dan lain sebagainya,” katanya.

Purwanto berharap operasi secara rutin ini dapat meningkatkan kesadaran warga untuk tertib berlalu lintas. "Tujuannya memang untuk menekan angka kecelakaan. Kami berharap kepada masyarakat selalu tertib dan bisa menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas,” kata mantan Kasatlantas Polres Kulonprogo ini.

BACA JUGA: Pesta Pernikahan Berujung Petaka, Korban Tewas Miras Oplosan di Bantul Bertambah

Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri menambahkan sosialisasi keselamatan berlalulintas akan terus digalakkan. Selain menggelar operasi secara rutin, polres juga melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang pentingnya mematuhi berbagai peraturan berlalulintas untuk keselamatan.

“Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan di Gunungkidul,” katanya.

Edy mengungkapkan pada saat penyelenggaraan Operasi Zebra Progo, petugas yang diterjunkan mengedepankan edukasi dan persuasi. “Tentunya juga harus professional dalam menjalankan tugasnya,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kubu Anies & Ganjar Minta MK Panggil Sejumlah Menteri, Kubu Prabowo Ajukan Megawati

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement