Advertisement

Setelah Rektor, Giliran Alumni Fakultas Kehutanan UGM Tegaskan Ijazah Jokowi Asli

Anisatul Umah
Jum'at, 21 Oktober 2022 - 18:02 WIB
Budi Cahyana
Setelah Rektor, Giliran Alumni Fakultas Kehutanan UGM Tegaskan Ijazah Jokowi Asli Alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980 memamerkan foto ijazah Jokowi, Jumat (21/10/2022). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ijazah Presiden Joko Widodo (Jokowi) digugat ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat karena dituding palsu. Namun, UGM menegaskan ijazah Jokowi asli.

Penggugat menuding ijazah palsu dari UGM tersebut digunakan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019-2024 lalu. Setelah Rektor UGM, Prof Ova Emilia menyatakan ijazah Jokowi dari Program Studi (Prodi) S1 Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980 adalah asli, kini giliran teman-teman seangkatan Jokowi menyampaikan pernyataan yang sama.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dalam acara Dies Natalis ke-59 Fakultas Kehutanan UGM yang dihadiri alumni Angkatan 1980, mereka memamerkan foto-foto kebersamaan kebersamaan dengan Jokowi mulai dari kegiatan di kampus hingga kegiatan naik gunung bersama. Tak ketinggalan foto dari ijazah Jokowi ditunjukkan ke publik.

Person In Charge Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Kehutanan (Kagamahut) Angkatan 1980, Mustofa Iskandar, mengatakan Joko Widodo adalah alumnus Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980.

"Kami alumni Fakultas Kehutanan UGM Angkatan 1980 ingin menyampaikan terkait keabsahan ijazah Presiden Joko Widodo. Kami memastikan bahwa rekan kami Ir Joko Widodo adalah bagian dari alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980, it's clear," ucapnya dalam konferensi pers, Jumat (21/10/2022).

Sebagai sesama alumni, menurutnya ada tanggung jawab moril untuk meluruskan isu yang beredar di publik mengenai keabsahan ijazah Presiden Joko Widodo.

"Karena sesungguhnya kami alumni UGM 1980 adalah saksi hidup bukan hanya mendengar, tapi kami melihat dan menyaksikan dan berinteraksi langsung selama mengikuti perkuliahan di Fakultas Kehutanan UGM," jelasnya.

Jika dibutuhkan, Kagama Bantuan Hukum (KBH) siap memberikan bantuan. Menurutnya ada tanggung secara moral untuk meluruskan isu yang beredar mengenai ijazah Jokowi.

Advertisement

BACA JUGA: Penggugat Ijazah Jokowi Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

"Sehubungan dengan tugas utama KBH memberikan pembelaan hukum pada alumni, sehinga atas tudingan pihak yang tidak bertanggung jawab mengenai keabsahan dari salah satu alumni kami, KBH siap turun tangan," paparnya.

Ketua Bidang Litigasi Kagama Bantuan Hukum (KBH) Mandela Sinaga mengatakan KBH siap memberikan pendampingan kepada alumni UGM yang membutuhkan bantuan hukum.

Advertisement

"Kami merasa sama-sama terpanggil untuk meluruskan. KBH selalu siap sedia apabila ada anggota Kagama yang membutuhkan bantuan hukum," ucapnya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Sederet Situs Live Streaming Gratis untuk Nonton Piala Dunia 2022

News
| Sabtu, 26 November 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement