Advertisement

Bawaslu Gunungkidul Segera Umumkan Anggota Panwascam Terpilih

David Kurniawan
Jum'at, 21 Oktober 2022 - 14:47 WIB
Arief Junianto
Bawaslu Gunungkidul Segera Umumkan Anggota Panwascam Terpilih Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul – Proses seleksi anggota Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) di 18 kapanewon telah memasuki tahap akhir. Setelah tahapan wawancara, Bawaslu Gunungkidul akan mengumumkan calon yang terpilih sebagai petugas pengawasan di tingkat kapanewon.

Anggota Bawaslu Gunungkidul, Rini Iswandari mengatakan tes tertulis untuk seleksi Panwascam sudah digelar pada Minggu (16/10/2022). Total ada 285 peserta berhak mengikuti tes, tetapi saat pelaksanaan yang hadir hanya 260 peserta. “Dari tes kami ambil enam besar pendaftar di masing-masing kapanewon. Jadi, yang dinyatakan lolos dalam tes ini ada sebanyak 108 peserta,” kata Rini, Jumat (21/10/2022).

Advertisement

Dia menjelaskan, peserta lolos seleksi tes tertulis berhak mengikuti tahapan selanjutnya untuk wawancara. Tahapan wawancara sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu dan ditargetkan selesai pada Minggu (23/10/2022). “Setelah itu, kami umumkan peserta yang terpilih sebagai anggota panwascam terpilih dan selanjutnya dilakukan pelantikan,” katanya.

Menurut dia, ada tiga pendaftar yang ditetapkan sebagai anggota panwascam terpilih. Sedangkan tiga pendaftar tak serta merta langsung tersingkir karena masuk daftar cadangan, sebagai antisipasi adanya proses pergantian antarwaktu Panwascam. “Nanti ada pemeringkatan berdasarkan nilai yang diperoleh. Jika sewaktu-waktu adan PAW maka penggantian akan menggunakan daftar cadangan sehingga tak perlu ada rekrutmen ulang,” katanya.

BACA JUGA: Siswa SMK di Gunungkidul Bikin Sepeda Listrik, Bisa Tempuh Jarak 40 Km

Ketua Bawaslu Gunungkidul, Tri Asmiyanto mengatakan, partisipasi masyarakat untuk menjadi anggota panwascam sangat baik. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar di masing-masing kapanewon.

Menurut dia, tidak ada perpanjangan masa pendaftaran karena syarat minimal dua kali dari kebutuhan serta pelamar perempuan sedikitnya 30% juga terpenuhi. Total kebutuhan anggota panwascam di 18 kapanewon sebanyak 54 petugas. Hingga pendaftaran ditutup ada sebanyak 285 orang yang mendaftar.

Riciannya sebanyak 111 pendaftar perempuan dan 174 laki-laki. Untuk pendaftaran paling banyak langsung mendatangi kantor bawaslu sebanyak 254 orang. Sedangkan proses pendaftaran melalui email sebanyak 20 pelamar dan via surat ada 11 pendaftar. Kapanewon Wonosari menjadi wilayah dengan peminat tertinggi dengan pendaftar sebanyak 35 orang. “Untuk pendaftar paling sedikit ada di Girisubo dengan pelamar delapan orang. Sedangkan di kapanewon lain bervariasi antara sembilan sampai 20 pendaftar,” kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement