Advertisement

Kabar Gembira! Bantuan Peternak Terdampak PMK di Sleman Mulai Disalurkan

Lugas Subarkah
Minggu, 23 Oktober 2022 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Kabar Gembira! Bantuan Peternak Terdampak PMK di Sleman Mulai Disalurkan Ilustrasi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Pemkab Sleman mulai menyalurkan bantuan bagi peternak terdampak PMK. Penyaluran itu merupakan tindak lanjut atas Keputusan Menteri Pertanian (Kepmentan) No.518/2022 tentang Pemberian Kompensasi dan Bantuan dalam Keadaan Tertentu Darurat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono menjelaskan penyerahan bantuan PMK dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama, bantuan diberikan kepada 64 peternak, dengan rincian sapi sebanyak 78 ekor dan kambing sebanyak enam ekor.

Advertisement

Bantuan untuk kambing atau domba diberikan sebesar Rp1,5 juta dan sapi Rp10 juta dengan total bantuan senilai Rp789 juta. "Sementara tahap kedua akan diberikan kepada 180 peternak, terdiri dari 209 sapi dan enam kambing, dengan nilai Rp2,99 miliar,” ujarnya, Minggu (23/10/2022).

BACA JUGA: Psikolog Berperan Penting bagi Penyandang Disabilitas Psikososial, Begini Penjelasannya

Sedangkan tahap ketiga, kata dia, diberikan kepada 270 peternak, dengan rincian sapi sebanyak 411. Jika terealisasi semua, total bantuan diberikan kepada 540 peternak dengan jumlah sapi sebanyak 698 ekor dan kambing sebanyak 12 ekor, dengan nilai Rp6,998 miliar.

Bantuan tersebut diberikan kepada peternak yang ternaknya mati karena PMK dan ternak sakit PMK kemudian dipotong paksa, serta sudah dilaporkan kepada petugas Puskeswan.

Peternak yang sudah mendapat bantuan diharapkan segera membeli ternak baru untuk mengembangkan kembali usahanya. “Pemberian bantuan merupakan stimulan untuk mengembangkan skala usaha. Oleh karena itu peternak penerima bantuan diharapkan memanfaatkan dana bantuan tersebut untuk membeli ternak kembali untuk memulihkan usaha peternakannya,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement