Advertisement

Sultan Berharap Karangtaruna Berperan di Peningkatan Ekonomi Pedesaan

Sunartono
Selasa, 25 Oktober 2022 - 07:57 WIB
Arief Junianto
Sultan Berharap Karangtaruna Berperan di Peningkatan Ekonomi Pedesaan GKR Hayu dikukuhkan sebagai Ketua Karang Taruna DIY di Bangsal Kepatihan, Senin (24/10/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap kepada para pemuda karang taruna di wilayah DIY agar turut berkontribusi dalam membantu menumbuhkan perekonomian warga di level pedesaan.

Hal itu disampaikan Gubernur dalam Pengukuhan Pengurus Karang Taruna DIY Masa Bakti 2022-2027 di Bangsal Kepatihan, Senin (24/10/2022).  

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sultan mengatakan keberadaan karang taruna yang berisi para pemuda dengan berbagai potensi yang dimiliki memiliki peluang untuk berkontribusi dalam pembangunan di wilayah DIY level bawah seperti pedesaan. Karang Taruna menjadi tempat untuk mengembangkan generasi muda dengan landasan kesadaran dan tanggung jawab sosial. Terutama generasi muda di wilayah desa dan bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. 

“Karangtaruna saat ini kami harapkan memiliki kewajiban membantu kebijakan pembangunan yang dimulai di level desa maupun kecamatan,” kata Sri Sultan dalam sambutannya, Senin. 

BACA JUGA: Pasar Prawirotaman Akan Jadi Pasar Rakyat Pertama Ber-SNI di Kota Jogja

Karang Taruna mampu berperan aktif untuk mencegah agar tidak ada kegagalan dalam pembangunan dari level pedesaan. Pasalnya, saat ini di DIY sedang digalakkan pembangunan di level bawah menggunakan dana keistimewaan agar mampu mengembangkan potensi yang ada di desa. "Melalui sektor pariwisata yang tumbuh diharapkan mampu mengurangi pengangguran maupun kemiskinan," ucap dia.

Pemda DIY memiliki visi misi untuk melakukan reformasi dari level kelurahan. Tantangan menjadi lebih berat mengingat banyak desa memiliki potensi yang berbeda.

Dengan begitu, Karang Taruna diharapkan mampu membantu mendampingi masyarakat dalam upaya menumbuhan ekonominya agar terbebas dari kemiskinan. 

Advertisement

“Kami menitiberatkan pertumbuhan ekonomi, tidak di kabupaten tetapi di kelurahan, di mana tahun ini kami punya program bantuan dari dana keistimewaan,” ucapnya. 

Ketua Umum Karang Taruna DIY 2022-2027, GKR Hayu menyatakan kesiapannya dalam bersinergi dengan Pemda DIY dan seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan generasi muda tangguh, inovatif dan mandiri.

Melalui bekal pemuda yang inovatif akan mampu memberikan kontribusi dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan sosial dan dapat menciptakan kesejahteraan sosial di masyarakat. 

Advertisement

Dia menyadari, seiring perubahan zaman banyak tantangan yang harus dihadapi masyarakat dan pemerintah. Tidak hanya soal tantangan fisik, tetapi juga permasalahan disebabkan belum siapnya masyarakat dalam merespon perubahan. Baik itu perubahan situasi sosial budaya dan perkembangan teknologi. 

Karang Taruna DIY akan fokus dalam merumuskan strategi pemanfaatan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang berkelanjutan, merujuk pada keberpihakan berbagai kalangan, agar dapat mendorong upaya kesejahteraan, pelestarian lingkungan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan. 

“Kami juga meyakini bahwa kemuliaan martabat manusia merupakan kunci yang harus dijaga, agar kita tidak teralienasi dari situasi yang terus berkembang di sekitar kita. Kesatuan masyarakat Jogja yang istimewa, merupakan kekuatan besar yang dapat membawa berbagai kemajuan dan perubahan,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

Jogjapolitan | 5 hours ago
Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seperti di Korea, Intervensi BUMN Penting untuk Kemajuan UMKM

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement