Advertisement

Pakar Lintas Negara Rumuskan Terobosan Pembangunan Pro Lingkungan

Sunartono
Selasa, 25 Oktober 2022 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pakar Lintas Negara Rumuskan Terobosan Pembangunan Pro Lingkungan Smart city - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pakar perencanaan dan tata kota dari lima negara ikut andil dalam perhelatan konferensi ilmiah bertaraf internasional EduArchsia 2022 yang dihelat Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII) secara hybrid, Selasa (25/10/2022). Para pakar akan membahas isu arsitektur serta merumuskan terobosan pembangunan yang berpihak pada kelestarian lingkungan.

Para pakar yang berkolaborasi dari lima negara antara lain Indonesia, Turki, Jerman, Italia dan Jepang. Adapun profesor yang menyampaikan orasi ilmiah utama adalah Profesor Ibrahim Numan dari Fatih Sultan Mehmet University Istanbul Turkiye, Profesor Uwe Altrock dari Kassel University Germany, Profesor Matteo Motti dari Politecnico Milano Italy, Profesor Tetsu Kubota dari Hiroshima University Japan, Profesor Marcus Hackel dari Wismar Applied Science University Germany, Profesro Kemas Ridwan Kurniawan dari Universitas Indonesia, dan Assistant Profesor Revianto Budi Santosa dari Universitas Islam Indonesia.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Isu-isu arsitektur yang saling terkait dengan lingkungan binaan dan alam pada era ketidakpastian menjadi kian penting terkait aspek kehidupan manusia dan kelestarian dan keberlanjutan lingkungan," kata Ketua Jurusan Arsitektur UII Profesor Noor Idham Cholid dalam keterangan tertulis, Selasa (25/10/2022).

Baca juga: Menkes Sebut Konsumsi Obat Sirup EG dan DEG Boleh, Ini Syaratnya...

Ia menambahkan derasnya arus informasi dengan teknologinya, menguatnya kebutuhan manusia dan semakin terbatasnya sumber daya alam menjadi faktor utama yang sangat penting untuk didiskusikan untuk masa depan manusia yang lebih baik. Oleh karena itu melalui pertemuan ilmiah ini diharapkan para pakar membantu merumuskan pembangunan yang lebih berpihak pada lingkungan. Sehingga lingkungan tidak rusak ketika ada pembangunan.

"Berbagai terobosan di dunia arsitektur dan lingkungan harus dilakukan agar keberlanjutan kehidupan manusia dapat dipertahankan sesuai dengan kebutuhan dan kesejahteraan pada zamannya," ucapnya.

Ia mengatakan tukar ilmu antar dan inter disiplin menjadi sangat mutlak dilakukan sehingga sharing the earth atau hidup pada satu bumi ini memenuhi prinsip kelestarian. Konferensi ilmiah ini telah menarik sebanyak 72 proposal paper partisipan dalam dan luar negeri. Peserta selain dari Indonesia juga dari Malaysia, Brunei Darussalam, India, Belanda, dan China.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Sederet Situs Live Streaming Gratis untuk Nonton Piala Dunia 2022

News
| Sabtu, 26 November 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement