Advertisement

Ada Pasien Suspek Gagal Ginjal Akut, RSUD Diminta Rujuk ke RSUP dr. Sardjito

Sunartono
Rabu, 26 Oktober 2022 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Ada Pasien Suspek Gagal Ginjal Akut, RSUD Diminta Rujuk ke RSUP dr. Sardjito Ilustrasi ginjal - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Kendati memiliki fasilitas pediatric intensive care unit (PICU), RSUD tetap diminta untuk menggunakan sistem rujukan bagi pasien gagal ginjal akut (AKI) pada anak ke RSUP dr. Sardjito. Sistem rujukan itu untuk memudahkan penanganan sesuai dengan kebijakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie mengatakan prinsipnya seluruh rumah sakit dan fasyankes di DIY telah siap untuk memberikan layanan penanganan gagal ginjal akut. Selain RSUP dr. Sardjito, ada beberapa RSUD yang sudah memiliki fasilitas PICU. Hingga Rabu (26/10/2022), bed untuk layanan PICU bagi pasien AKI masih aman.

Advertisement

"Di RSUD dr. Sardjito masih cukup, kalau PICU di beberapa rumah sakit kabupaten dan kota sudah masih cukup, Sardjito belum overload, saat ini yang dirawat hanya dua pasien," kata Pembajun, Rabu (26/10/2022).

BACA JUGA: Waduh..Banyak Hewan Liar Masuk Rumah Warga Jogja Sejak Musim Hujan

Pembajun mengatakan RSUD diminta untuk memberikan rujukan bagi pasien AKI ke RSUP dr. Sardjito meskipun meski pun rumah sakit daerah memiliki PICU.

Pasalnya, sesuai kebijakan dari Kemenkes telah ditetapkan ada 14 RS rujukan AKI yang untuk DIY adalah RSUP dr. Sardjito. Oleh karena itu daerah harus memberikan rujukan ketika ada pasien AKI dengan kondisi tertentu.

"Sementara RSUP dr. Sardjito saja. Karena itu butuh rawat gabung bersama, kemungkinan RSUD pasti akan merujuk ke RSUP dr. Sardjito. Karena dari Kemenkes menetapkan hanya ada 14 rumah sakit yang di fokuskan untuk merawat itu," katanya.

Dia menegaskan sistem rujuk itu menjadi kewajiban bagi daerah. Sehingga dari rumah sakit daerah dan fasyankes diarahkan pada skrining terkait dengan kemungkinan adanya pasien AKI. "Iya wajib merujuk ke RSUD dr. Sardjito. Tetapi bagi pasien yang sudah pasti [AKI] karena tidak semua gagal ginjal," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogjapolitan | 42 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement