Advertisement

18 Tahun ORI Perwakilan DIY, Niat Baik Saja Tidak Cukup

Lugas Subarkah
Kamis, 27 Oktober 2022 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
18 Tahun ORI Perwakilan DIY, Niat Baik Saja Tidak Cukup Anggota ORI pusat, Indraza Marzuki Rais, berbicara dalam Coffee Morning Refleksi 18 Tahun ORI perwakilan DIY, Kamis (27/10/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tahun ini Ombudsman RI (ORI) Perwakilan DIY genap berusia 18 tahun. Dalam perjalanannya, ORI Perwakilan DIY berusaha independen dengan mempertahankan kepercayaan masyarakat dan memastikan suara mereka didengar penguasa.

Ketua ORI Perwakilan DIY, Budhi Masthuri, menjelaskan lembaga pengaduan pelayanan pemerintah ini memiliki posisi yang unik, yakni berada di tengah-tengah antara masyarakat yang membutuhkan dan pemerintah sebagai pihak yang diberi rekomendasi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Menurutnya, dekat dengan masyarakat saja tidak cukup karena ORI Perwakilan DIY juga perlu memastikan aduan dari masyarakakat dapat didengarkan pemerintah. “Kami harus memastikan suara kami didengar penguasa,” ujarnya dalam Coffee Morning Refleksi 18 Tahun ORI Perwakilan DIY di Kantor ORI DIY, Kamis (27/10/2022).

Kegiatan ini dihadiri anggota ORI Pusat, Indraza Marzuki Rais. Ia menuturkan dalam menjalankan tugasnya, ORI Perwakilan DIY jangan sampai seperti orang yang berjualan obat panu tapi dirinya sendiri panuan. Ombudsman sebagai lembaga yang menjadi rujukan bagi pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik oleh pemerintah harus memastikan lembaganya tidak bermasalah, khususnya dalam pelayanan pengaduan.

Selain itu, ia juga berpesan agar Ombudsman tidak cukup bekerja dengan niat baik. “Niat baik saja tidak cukup membuat orang lain akan baik. Kalau saya ketemu macan, saya baik sama kamu, apakah dia tidak akan menggigit? Dia pasti gigit. Jadi kita perlu waspada,” ungkapnya.

BACA JUGA: Serikat Buruh Jogja Perjuangkan Upah Layak Rp4,2 Juta untuk UMK 2023

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta, Julian Dwi Prasetya, berharap di usia yang ke 18, ORI Perwakilan DIY dapat memperkuat kerjanya dalam mengadvokasi masyarakat dalam mencari keadilan.

“Perlu ada sumber daya manusia yang kuat. Kedua, perlu operasional juga yang diperkuat. Ini masalah politik anggaran. Biasanya kalau mau mematikan suatu lembaga dimatikan saja sumber aliran dananya. Dengan demikian, politik anggaran juga perlu memengaruhi gerakan suatu lembaga yang sifatnya eksternal,” ungkapnya.

Advertisement

Ia juga berharap ORI Perwakilan DIY berani dalam mengadvokasi hak masyarakat, karena aduan pelayanan publik biasanya harus menghadapi pejabat publik. “Itu kasus struktural yang menghadapkan pemegang sumber daya kecil dengan pemegang sumber daya besar. Ada harapan besar dari masyarakat miskin, marjinal, terhadap Ombudsman,” katanya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

20.000 Buruh Pabrik Foxconn Resign, iPhone 14 Pro dan Pro Max Langka

News
| Senin, 28 November 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement