Advertisement

51 Anggota Panwaskap Bantul Segera Dilantik

Ujang Hasanudin
Jum'at, 28 Oktober 2022 - 06:27 WIB
Budi Cahyana
51 Anggota Panwaskap Bantul Segera Dilantik Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul telah menetapkan dan mengumumkan 51 calon anggota panitia pengawas pemilu tingkat kapanewon (kecamatan) atau panwaskap terplih.

Anggota Bawaslu Bantul Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi, Nuril Hanafi, mengatakan anggota panwaskap terpilih ditetapkan berdasarkan hasil rapat pleno pimpinan Bawaslu Bantul dan diumumkan pada 26 Oktober 2022 sesuai dengan timeline yang terdapat dalam SK Bawaslu RI tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan dalam Pemilu Serentak 2024.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Sebanyak 51 calon anggota panwaslu kecamatan atau kapanewon telah ditetapkan, berasal dari 17 kecamatan atau kapanewon atau masing-masing tiga anggota tiap kapanewon,” kata Nuril, Kamis (27/10/2022)

Ke-51 anggota panwaskap tersebut terdiri dari 37 laki-laki dan 14 perempuan. Terdapat 27,45% dari keterwakilan perempuan. Menurut Nuril, penetapan calon terpilih tersebut berdasarkan dari rekapitulasi penilaian tes wawancara yang dikombinasikan dengan nilai tes tertulis, bobot penilaiannya, yakni 60% nilai tes wawancara dan 40% nilai tes tertulis.

Pengumuman calon panwaslu kecamatan atau kapanewon terpilih dapat diakses melalui website Bawaslu Bantul, papan pengumuman di kantor Bawaslu Bantul, dan penempelan pada papan pengumuman 17 kantor kapanewon se-Bantul.

“Selanjutnya anggota panwaslu tingkat kapanewon tersebut akan dilantik dan diambil sumpahnya pada 28 Oktober 2022 pukul 09.00 WIB bertempat di Ros In Hotel Jln. Ringroad Selatan, Druwo, Bangunharjo, Sewon, Bantul,” katanya.

BACA JUGA: Mulai November, Jam Operasional Bandara YIA Buka Lebih Pagi karena Ada Penerbangan ke Thailand

Setelah dilantik, mereka akan langsung diberi bimbingan teknis terkait pelaksanaan ketugasan dan kinerja dalam melakukan pengawasan tahapan Pemilu 2024.

Advertisement

Ketua Bawaslu Bantul Harlina berharap 51 anggota panwaslu tingkat kapanewon yang terpilih tersebut adalah calon terbaik dari Bantul yang dapat mengemban amanah dan melaksanakan tugas kewenangan, kewajiban secara berintegritas, profesional, bermartabat, dan berkemajuan dalam mengawal pesta demokrasi penyelenggaraan pemilu serentak 2024 mendatang.

Harlina menyampaikan terima kasih atas atensi dan keikutsertaan masyarakat Bantul yang telah mendaftarkan diri dan mengikuti proses pembentukan calon anggota panwaslu tingkat kapanewon yang telah berjalan sekitar sebulan ini, “Harapan semua pihak dapat menerima hasil akhir dari proses pembetukan panwaslu kecamatan atau kapanewon ini,” ujar Harlina. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Ogah Beberkan Hasil Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal, Ini Alasannya

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Rawat Ribuan Ikan di Sungai, Rumah Pria Ini Jadi Rujukan Wisata

Wisata
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement