Advertisement

Imbas Tol, Pipa PDAM di Seyegan dan Kalasan Akan Dipindahkan

Lugas Subarkah
Jum'at, 28 Oktober 2022 - 14:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Imbas Tol, Pipa PDAM di Seyegan dan Kalasan Akan Dipindahkan Konstruksi Tol Jogja Solo di wilayah Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Pembangunan tol trase Jogja-Solo dan Jogja-Bawen akan berdampak pada saluran air PDAM Tirta Sembada Sleman. Selama pemindahan pipa akan mengganggu pelayanan PDAM sementara.

Direktur PDAM Tirta Sembada, Dwi Nuryanta, menjelaskan pembangunan tol trase Jogja Solo akan berdampak pada pipa di wilayah Kalasan dan untuk tol trase Jogja-Bawen akan berdampak pada pipa di wilayah Seyegan. "Sudah dikoordinasikan dengan pelaksana, ada beberapa pipa yang dipindah," ujarnya, Jumat (28/10/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Pemindahan pipa kata dia, sudah disepakati akan dilakukan oleh pelaksana pembangunan jalan tol. "Sudah disetujui, nanti yang memindah pelaksana. Karena kami tidak tahu tiang pancang untuk tol dimana. Tapi nanti pengawasan dari kami,  katanya.

Tidak hanya pipa PDAM, pembangunan tol juga akan berdampak pada jaringan listrik dan fiber optic. Masing-masing instansi terkait nanti akan mengawasi, sementara pemindahan semuanya dilakukan pelaksana.

Baca juga: Kecelakaan Bus Umrah di Saudi, 2 Penumpang Meninggal Dunia

Ia mengakui pemindahan pipa tersebut pasti akan mengganggu pelayanan kepada pelanggan. Kendati demikian, ia memastikan akan memberikan pengumuman bagi pelanggan terdampak agar bisa bersiap-siap. 

"Makanya pemindahan kami umumkan. Katakanlah pemindahan tanggal 10, kami informasikan yang terdampak akan terganggu 24 jam misal. Sudah kesepakatan bersama antara pelaksana tol dengan instansi yang terdampak," ungkapnya.

Dari PDAM Tirta Sembada ia pastikan sudah mempersiapkan keperluan untuk pemindahan ini. Dalam pemindahan pipa, perlu diperhatikan elevasinya agar tidak lebih rendah sehingga mengganggu tekanan.

Advertisement

"Kami perhatikan elevasinya. Kalau lebih rendah akan mengganggu tekanan. Minimal sama dengan yang kemarin ketinggiannya, supaya tidak mengganggu," kata dia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Korpri Diharapkan Jadi Akselerator

Korpri Diharapkan Jadi Akselerator

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PLN Tanam 19.000 Pohon Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia 2022

News
| Selasa, 29 November 2022, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement