Advertisement

PDAM Tirta Sembada Dukung Peningkatan Kesehatan Masyarakat Sleman

Lugas Subarkah
Rabu, 02 November 2022 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
PDAM Tirta Sembada Dukung Peningkatan Kesehatan Masyarakat Sleman Direktur PDAM Tirta Sembada, Dwi Nurwata secara simbolis memberikan bibit pohon untuk penanaman pohon kepada Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, di Graha Sarina Vidi, Rabu (2/11/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PDAM Tirta Sembada Sleman genap berusia 30 tahun pada 2 November 2022. Di usia yang sudah kepala tiga ini, diharapkan PDAM Tirta Sembada senantiasa meningkatkan pelayanan, responsif, dan turut meningkatkan kesehatan masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dalam resepsi Hari Bhakti PDAM Tirta Sembada di Graha Sarina Vidi, Rabu (2/11/2022). “PDAM diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama untuk melayani masyarakat meningkatkan kesehatan di Kabupaten Sleman,” ujarnya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

PDAM, kata dia, memiliki kewajiban mengelola dan menyalurkan air bersih untuk masyarakat. Di samping itu, masyarakat juga perlu mendukung upaya ini dengan turut menjaga sumber air bersih di sekitarnya agar tidak terkena cemaran akibat pencemaran lingkungan.

Berdasarkan studi UNICEF, sebanyak 70% dari 20.000 sumber air yang ada di Indonesia tercemar limbah tinja. Pencemaran ini dapat menimbulkan penyakit diare pada orang dewasa dan menjadi penyebab utama kematian pada balita.

“Sehingga saya berharap PDAM menjamin konsistensi sebagai BUMD penyedia air untuk masyarakat sehingga air tidak tercemar dan membahayakan konsumen. Walau di Sleman sudah bagus, tetapi harus konsisten untuk melindungi warga Sleman supaya air yang diminum selalu bersih,” katanya.

Kebocoran air PDAM di berbagai daerah termasuk Sleman menurutnya masih tinggi yakni 25%. Ia berharap kebocoran ini dapat diturunkan. Selain itu, PDAM Tirta Sembada juga diharapkan dapat responsif menindaklanjuti kebocoran atau keluhan dari pelanggan.

“Saya harapkan PDAM secara dinamis meningkatkan layanan di masyarakat sehingga meminimalkan keluhan masyarakat. Kebocoran sedikit langsung ditindaklanjuti, masyarakat mengeluh air bau langsung dilayani,” ungkapnya.

BACA JUGA: Siaran TV Analog Mulai Dimatikan Hari Ini, Jabodetabek Duluan

Advertisement

Direktur PDAM Tirta Sembada, Dwi Nurwata, berharap di usia ke-30, PDAM Tirta Sembada dapat terus meningkatkan kinerjanya. Hari bhakti ke-30 dirayakan secara sederhana namun dengan banyak kegiatan sosial, mulai dari donor darah hingga penanaman pohon.

Kegiatan sosial lainnya yakni dengan memberikan BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rawan miskin seperti tukang parkir dan guru ngaji di Sleman dengan jumlah total 4.500 orang. “Nanti kami juga membantu karyawan untuk umrah, dan kegiatan lain yang berkaitan sosial kemasyarakatan,” kata dia.

PDAM Tirta Sembada saat ini memiliki 42.000 sambungan dengan tingkat cakupan 15%. Walau masih rendah, jumlah menurutnya ameningkat signifikan. “Kebocoran 24,67 persen, di bawah rata-rata standar nasional dan mudah-mudahan masih bisa diturunkan lagi,” ujarnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Bantul Hujan Tipis

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Natal, Patung Cokelat Sinterklas Terbesar di Indonesia Ada di Hotel Tentrem Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Desember 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement