Advertisement

Varian Covid-19 XBB Sudah Masuk DIY? Ini Kata Satgas UGM..

Anisatul Umah
Senin, 07 November 2022 - 15:07 WIB
Budi Cahyana
Varian Covid-19 XBB Sudah Masuk DIY? Ini Kata Satgas UGM.. Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Varian virus Corona XBB telah masuk Indonesia dan penularannya lebih cepat daripada varian sebelumnya. Lalu apakah varian XBB sudah terdeteksi masuk ke DIY?

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 UGM Rustamadji mengatakan sampai saat ini tidak bisa dipastikan apakah varian XBB sudah masuk ke DIY atau belum. Datanya belum ada, sementara gejala yang ditimbulkan varian XBB mirip dengan varian sebelumnya, yakni flu, bersin, dan radang tenggorokan.

Advertisement

"Belum ada datanya [varian XBB]. Kami belum mendapatkan informasi terkait varian baru," ucapnya kepada harianjogja.com, Senin (7/11/2022).

Upaya pencegahan virus Corona varian XBB sama dengan varian sebelumnya, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. "Berdasarkan data dari luar negeri menunjukkan varian baru masih bisa diatasi oleh vaksin. Penularan lebih cepat, mirip varian Delta," kata dia.

BACA JUGA: Bus Tabrak Truk di Ring Road Selatan, Satu Orang Tewas

Sementara itu, Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan mengatakan RSUP siap menampung penambahan pasien akibat varian baru virus Corona. Tim penanganan Covid-19 yang yang dibentuk RSUP Dr Sardjito sampai saat ini belum dibubarkan. Banu mengatakan rumah sakit akan selalu siap menerima pasien Covid-19. Tim juga tidak kendor dalam kesiapan menangani varian-varian baru, semua spesialis tergabung di dalam tim ini.

Banu menekankan RSUP Dr Sardjito selalu siap dan tidak mengendorkan pelayanan pasien Covid-19. "Prinsipnya kami siap," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement