Advertisement

Hadir Diskusi di Jogja, Budiman Sudjatmiko Ingatkan Pemuda Ikut Berkontribusi untuk Bangsa

Sunartono
Rabu, 09 November 2022 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hadir Diskusi di Jogja, Budiman Sudjatmiko Ingatkan Pemuda Ikut Berkontribusi untuk Bangsa Aktivis Pemuda yang juga politikus PDIP Budiman Sudjatmiko dalam diskusi kepemudaan di Jogja. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemuda memiliki peran penting dalam membangun masa depan bangsa yang lebih baik. Oleh karena itu pemuda harus membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan terutama teknologi yang terus berkembang.

Isu kepemudaan ini dibahas dalam diskusi bertajuk Solid Bergerak Bersama Pemuda Menjawab Tantangan Zaman yang digelar DPD PDIP DIY Selasa (8/11/2022). Aktivis Pemuda Budiman Sudjatmiko mengatakan anak muda harus berani memiliki impian atau berimajinasi untuk masa depan.

Advertisement

"Tetapi bukan sekadar berimajinasi saja, harus dilengkapi dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta jejaring sosial," kata Budiman dalam diskusi tersebut.

Ia mengatakan pentingnya anak muda memiliki impian untuk menjawab tantangan bangsa ini ke depan. Seperti halnya Indonesia yang lahir dari impian para Pemuda melalui kongres dan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Momentum ini menjadikan pemuda memiliki kontribusi penting bagi pemuda terhadap negara ini yang diawali dari impian dalam membangun sebuah bangsa.

Baca juga: Jokowi Sebut Pilpres 2024 Jatah Prabowo, Demokrat Bandingkan dengan SBY

"Pemuda harus menjadi pelopor, yang mampu mendesain realitas masa depannya sendiri dan tentunya masa depan bangsa sebagaimana dicontohkan para pemuda pejuang kemerdekaan," ucapnya.

Seniman Muda Kinanti Sekar menambahkan impian atau cita-cita juga memiliki peran penting dalam menghasilkan kreativitas seni termasuk tari. Selain imajinasi dapat menghasilkan koreografi tari, karakter seseorang penting untuk terus melestarikan budaya sendiri. Seiring dengan berjalannya modernisasi dan digitalisasi, tentunya identitas bangsa perlu dipertahankan.

"Pemuda sebagai ujung tombak pembangunan bangsa, memiliki peranan penting dalam memberikan inovasi di bidang seni budaya tanpa meninggalkan budaya Indonesia," katanya.

Totok Hedi Santoso Sekretaris DPD PDIP DIY sepakat anak muda harus mampu menjawab tantangan bangsa. Ia siap berkolaborasi dengan pemuda yang kreatif, inovatif dan progresif untuk memajukan bangsa. Partainya selalu membuka diri terhadap aktivitas kaum muda tidak hanya di bidang politik, tapi juga di bidang seni budaya dan olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement