Advertisement

Jangan Lewatkan, Gelar Potensi Pertanian Jogja Diadakan Akhir Pekan Ini

Media Digital
Rabu, 16 November 2022 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
Jangan Lewatkan, Gelar Potensi Pertanian Jogja Diadakan Akhir Pekan Ini Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja Suyana - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Setelah tiga tahun ditiadakan, Gelar Potensi Pertanian (GPP) 2022 akan diselenggarakan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja akhir pekan ini. GPP kali ini akan menyuguhkan pameran pertanian serta festival pangan lokal dari 45 kelurahan di Kota Jogja.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja Suyana mengatakan GPP sejalan dengan tema pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja tahun ini, yaitu peningkatan ekonomi berbasis kesejahteraan rakyat. Produk hasil pertanian dari 14 kemantren, asosiasi dan komunitas pertanian, perikanan dan pangan di Kota Jogja, akan dipamerkan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Selain itu, ada pula festival pangan lokal. Dalam festival ini, akan dilombakan produk olahan berbahan dasar non-beras dan non-gandum. Selain itu, ada pula lomba yelyel ajakan mengonsumsi makanan B2SA (beragam, bergizi, seimbang, dan aman) serta lomba video mengenai capaian wilayah dalam sektor pertanian dan ketahanan pangan.

"Sudah tiga tahun mereka [gabungan kelompok tani dan komunitas pertanian] tidak tampil, harapannya mereka all out. Harapannya semua masyarakat bisa membeli produk yang dihasilkan kelompok tani dan menghasilkan kesejahteraan kelompok tani," kata Suyana, Selasa (15/11/2022).

Menurut Suyana, lomba olahan pangan berbahan lokal merupakan upaya memperkaya khasanah inovasi pangan lokal. "Pangan lokal sekarang kurang berkembang karena tidak ada inovasi, yang banyak inovasi panganan berbasis gandum, yang non gandum kurang," terangnya.

"Harapannya dari kegiatan ini ada inovasi yang baru [pangan]. Kita harus mengajukan kembali ke pangan lokal," ucap Suyana.

Nantinya, lomba olahan pangan akan diikuti 45 kelurahan di Kota Jogja dan pameran pertanian akan diikuti 32 stand komunitas dan gapoktan Kota Jogja. Akan diadakan pula kontes ikan guppy serta kontes anggrek dan aglonema dengan total hadiah mencapai Rp. 20 juta. GPP akan diselenggarakan 18-20 November 2022 di halaman Balaikota Jogja.

Nantinya, selain pasar tani dari gabungan kelompok tani, ada pula pameran hasil pertanian dan produk turunan buatan komunitas pertanian di Kota Jogja. (***)

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Biaya Riil Penyelenggaraan Haji Tahun Depan Capai Rp97,92 Juta

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement