Advertisement

Angkasa Pura Cari Investor untuk Kelola YIA

Ujang Hasanudin
Kamis, 17 November 2022 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Angkasa Pura Cari Investor untuk Kelola YIA Para pelaku perjalanan melalui YIA, Kulonprogo, Rabu (11/5/2022). - Harian Jogja - Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Angkasa Pura 1 selaku pengelola Yogyakarta International Airport (YIA) tengah mencari investor untuk pengembangan Yogyakarta International Airport (YIA). Saat ini proses penjajakan dengan investor masih dilakukan.

Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Rahadian D.Yogisworo mengatakan saat ini pihaknya baru menjajaki kerjasama untuk pengembangan Bandara YIA dengan beberapa investor baik dalam negeri maupun luar negeri, “Tidak harus investor asing,” katanya melalui aplikasi percakapan Whatsapp, Kamis (17/11/2022).

Advertisement

Bagaiman pun, kata dia, untuk pengembangan bandara membutuhkan kerja sama dengan pihak lain. Ia mencontohkan saat ini sudah bekerja sama dengan Icheon Airport dan Wika untuk mengelola Bandara Batam, “Ya untuk pengembangan business airport dan bersama sama strategik parthner, untuk saat ini contohnya kami sudah bekerja sama deng Icheon Airport dan Wika untuk kelola Bandara Batam,” katanya.

BACA JUGA: Warga Adukan Penambangan yang Merusak Lingkungan, Begini Respons DLH DIY

Disinggung soal pengembangan aerotropolis, Yogi-sapaan akrab Rahadian D.Yogisworo mengatakan untuk saat ini baru tarap penjajakan kerja sama dengan investor sehingga belum sampai pada pembicaraan konsep aerotropolis.

Sebelumnya Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mempersilahkan pengelola YIA menawarkan kepada investor untuk pengembangan bandara YIA. Menurut Sultan kebijakan itu bisa dilakukan tetapi kewenangan pemerintah akan berkurang ketika tidak sepenuhnya menjadi pemilik.

Sulan mengatakan kerja sama dengan investor merupakan hal yang lumrah untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat. [Penawaran ke investor] itu bisa saja. Angkasa Pura seperti di Bali juga kerja sama dengan konsultan manajemen,” katanya.

Melalui keterlibatan investor diharapkan penataan YIA menjadi lebih baik. Selain itu juga diharapkan meningkatkan penghasilan bandara dan memberikan kontribusi untuk negara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement