Advertisement

Budi Mulia Dua Tampilkan Hasil Praktik Kreasi Kuliner di SCH

Lugas Subarkah
Jum'at, 18 November 2022 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Budi Mulia Dua Tampilkan Hasil Praktik Kreasi Kuliner di SCH Budi Mulia Dua Culinary Festival 2022, di Sleman City Hall, Kamis (17/11/2022) - ist Budi Mulia Dua Culinary School

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Mengangkat tema Empower Local Ingredients for International Taste, Budi Mulia Dua Culinary School menggelar parade karya cipta kreasi menu dengan tajuk Budi Mulia Dua Culinary Festival 2022.

Bertempat di Sleman City Hall, Kamis (17/11/2022), empower local pada tema kali ini ditujukan untuk bahan dasar yang digunakan, yaitu bahan pangan lokal Indonesia seperti ubi, salak, buah pisang, santan, dan semacamnya. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Semua bahan lokal tersebut diolah sedemikian rupa menjadi kreasi menu baru atau biasa dikenal dengan fusion food. Kreasi menu ini merupakan salah satu mata pelajaran praktik yang ada di Budi Mulia Dua Culinary School.

Manager Operasional dari Budi Mulia Dua Culinary School, Ani Syafa’atun, menuturkan setelah angkatan-angkatan sebelumnya para peserta didik mempresentasikan praktik kreasi menu ini hanya lingkungan sekolah, untuk angkatan XXX, perdana menampilkan di ruang publik.

Baca juga: Dilanda Hujan Lebat, DIY Terdampak Bibit Siklon 94S

"Peserta didik dibebaskan untuk berkreasi sesuai dengan ekspektasi masing-masing. Sehingga muncullah berbagai olahan bahan lokal menjadi kreasi menu makanan baru seperti flan dawet, onde-onde isi ayam serundeng, éclair soto lamongan, mochi salak, dan lain sebagainya," katanya.

Hasil cipta kreasi menu tersebut dilombakan dan akan dinilai oleh tamu-tamu yang hadir dengan cara meletakkan bendera-bendera kecil di meja peserta didik yang sekiranya memikat lidah pengunjung yang hadir. Untuk kelompok yang mendapat bendera atau penilaian terbanyak oleh pengunjung, mendapatkan hadiah.

Kegiatan ini dimeriahkan lomba creative food plating dengan tema kreasi ubi, cake decoration for kids yang diikuti oleh peserta kelas kids cooking club, fruit carving performance oleh Afiq Alghazi duet dengan Mr. Joni selaku instruktur kelas carving, dan tidak ketinggalan penampilan dari Budi Mulia Dua Family.

Advertisement

Selain merupakan salah satu bagian dari tugas akhir Program Profesi Chef, kegiatan ini juga ingin menunjukkan bahwa bahan pangan lokal dapat diolah menjadi makanan yang beraneka ragam, tidak hanya yang biasa dijumpai sehari-hari.

Tujuan lainnya untuk memupuk rasa percaya diri para peserta didik untuk menampilkan hasil karya ciptanya di ruang publik dan dinilai oleh orang lain, bukan hanya lingkungan sekolah saja. “Ini adalah event untuk mempublikasikan karya cipta mereka di akhir masa pelatihan," ungkapnya.

Acara ini didukung oleh para sponsor, Superchef, Vidi Catering, Bank BRI KCP Seturan, Bank BRI Unit Gedongkuning, Bank Mandiri KCP STIE YKPN, Hotel Jambuluwuk Malioboro Yogyakarta, Air Mineral Evita, BMD Dapur Kuliner, dan toko Bahan Roti Sari Murni Tajem.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Halangi Peneliti Asing Lakukan Riset, Begini Dalih KLHK

News
| Senin, 05 Desember 2022, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement