Advertisement

Young Yakarta Fest 2022, Event Seninya Anak Muda di Jogja

CRY22
Minggu, 20 November 2022 - 15:37 WIB
Bhekti Suryani
Young Yakarta Fest 2022, Event Seninya Anak Muda di Jogja Gelaran Young Yakarta Fest 2022di XT Square, Sabtu (19/11/2022) - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Pariwisata (Dispar) DIY berkolaborasi dengan komunitas seni di DIY menggelar Young Yakarta Fest 2022. Dalam event ini diselenggarakan kompetisi grafiti, battle dance, serta konser musik berbagai genre yang diharapkan menjadi wadah kreativitas anak muda. 

Kurniawan, Kepala Bidang Destinasi Wisata Dispar DIY mengatakan event kali ini berbeda karena menggandeng berbagai komunitas seni. "Ini menggairahkan kembali event yang agak unik, tidak seperti event yang lainnya, paduannya tidak hanya musik, ada komunitas barbershopshoes careskateboardbridge dance, DJ," kata Kurniawan, dalam Young Yakarta Fest 2022 di XT Square, Sabtu (19/11/2022). 

Advertisement

Meskipun baru pertama kali diselenggarakan Dispar DIY, namun antusiasme penonton tidak diragukan. Kurniawan mengatakan beberapa bahkan datang dari luar DIY, antara lain dari Jawa Tengah, dan Kalimantan.

Menurut Kurniawan, event ini menjadi wadah edukasi bagi pelaku seni muda. "Ini contoh edukasi yang baik, mereka bisa kita fasilitasi, kita wadahi dalam sebuah aktivitas yang tidak mematikan kreativitas dan inovasi," kata Kurniawan. 

Menurut Kurniawan, pariwisata harus menciptakan daya tarik, dan komunitas dalam event ini memiliki daya tarik yang dapat menarik wisatawan.

Melalui event  ini, Kurniawan berharap dapat menambah lama tinggal wisatawan di Jogja. "Kan orang ke Jogja kalau keluar malam cari hiburan apa? Kalau enggak ada [hiburan], dia [pengunjung] mending pindah enggak nginep disini. Kalau enggak ada yang ditonton, selain jalan-jalan di Malioboro biasanya,"

Radian Sugandi, Ketua Panitia Pelaksana mengatakan event ini menjadi wadah ekspresi anak muda, terutama komunitas anak muda. "Yang kita gandeng antara lain komunitas reggae, hardcore, dangdut kekinian, mural, graffiti," ujar Sugandi.

BACA JUGA: Ini Daftar 13 Pimpinan Pusat Muhammadiyah Periode 2022-2027

Menurut Sugandi acara seperti ini perlu mendapatkan dukungan pemerintah, karena banyak potensi kreatif anak muda yang dapat tersalurkan. Selain itu, dapat pula mengangkat perekonomian pelaku seni. "Harapannya setelah ini bisa disupport terus Dispar DIY. Berharapnya tahun depan bisa lagi," kata Sugandi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement