Advertisement

Wisata Event Berbasis Budaya Jadi Andalan Gaet Wisatawan

Yosef Leon
Rabu, 16 November 2022 - 22:27 WIB
Arief Junianto
Wisata Event Berbasis Budaya Jadi Andalan Gaet Wisatawan Ilustrasi. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pemkot Jogja akan memaksimalkan penyelenggaraan event berbasis budaya untuk menggenjot kunjungan wisatawan.

Itulah sebabnya, konsistensi berbagai pihak dalam menyelenggarakan event yang berkualitas akan memicu ketertarikan wisatawan untuk berkunjung dan berdampak pada roda perekonomian lain. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Praktisi Penyelenggara event di Kota Jogja, Setyo Harwanto mengungkapkan untuk menarik wisatawan lokal maupun internasional perlu dilakukan pengembangan event internasional berbasis seni budaya.

Keterbatasan potensi alam di Kota Jogja memicu seni budaya menjadi daya tarik wisata, sehingga pengembangan event internasional dapat menjadi exposure yang dapat didengar sampai mancanegara.

“Perlu dibangun infrastuktur pendukung wisata misalnya wisata interaktif seperti paket liburan murah, fasilitas bagus, keragaman dan daya tarik pariwisata. Kemudian juga butuh riset mengenai strategi marketing. Salah satu referensi event internasional yang bisa dikembangkan seperti misalnya Holi di India dan Edinburgh Festival Fringe di Skotlandia. Sebenarnya event ini kan mirip ArtJog di Jogja,” kata dia, Rabu (16/11/2022). 

BACA JUGA: Pembobol ATM Minimarket di Jogja Gagal Gondol Uang, Polisi Buru Pelaku

Sekretaris Daerah Kota Jogja, Aman Yuriadijaya mengatakan tanpa bentang alam yang menarik seperti daerah lain Kota Jogja harus punya daya jual lain yang membuat wisatawan tertarik untuk berlibur ke tempat ini.

Oleh karena itu, dibutuhkan ide-ide segar dalam memunculkan event berskala nasional dan internasional. Pasalnya, penyelenggaraan event dengan berbagai tema saat ini sudah mampu menarik banyak pengunjung ke suatu daerah. 

Advertisement

"Maka dibutuhkan penguatan interaksi antar-stakeholder untuk menghasilkan ide-ide segar dan luar biasa untuk mendorong terciptanya sebuah event yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung. Setelahnya, kami harus konsisten untuk terus menyelenggarakan event-event yang bagus, menarik dan tentunya sesuai dengan karakter Kota Jogja itu sendiri,” ujarnya. 

Kepala Bappeda Kota Jogja, Agus Tri Haryono menyebut, penyelenggara event yharus mampu memenuhi tiga pilar keterlaluan yakni sosial, lingkungan dan ekonomi.

Menurut Agus, dengan memperhatikan tiga pilar itu event tentunya akan berdampak pada pemberdayaan masyarakat dan memberikan efek yang lebih kepada pertumbuhan daerah. 

Advertisement

"Ketiga kerangka acuan pengembangan dalam wisata event juga harus diperhatikan yakni connected event untuk menaikkan level, merger event untuk menggabungkan event yang sejenis serta embed event yang melibatkan semua jenis event dalam sebuah perayaan besar," terang Agus. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca, Hari Ini: Siang Ini, Kota dan Sleman Dilanda Hujan Petir

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement