Advertisement

Sosialisasi Tol Jogja-YIA Dimulai, Bagaimana Sikap Warga?

Sunartono
Minggu, 20 November 2022 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Sosialisasi Tol Jogja-YIA Dimulai, Bagaimana Sikap Warga? Ilustrasi. - Istimewa/Kementerian PUPR

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Tim persiapan pembebasan lahan telah melakukan sosialisasi kepada warga terdampak pembangunan jalan tol Jogja-YIA. Pada sosialisasi awal sebagian besar warga menyatakan setuju lahannya dibebaskan untuk pembangunan jalan tol Jogja-YIA.

Sosialisasi trase tol telah dimulai sejak Rabu (16/11/2022) dengan menyasar 252 bidang lahan di Kalurahan Banguncipto, Kapanewon Sentolo, Kulonprogo. Kemudian pada Kamis (17/11/2022) menyasar 251 bidang lahan di kelurahan yang sama. Sehingga total ada 503 bidang lahan di Kalurahan Banguncipto.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno menyatakan dari sosialisasi awal tersebut sebagian besar warga menyatakan setuju. "Pada sosialisasi pertama di Kulonprogo semuanya sudah oke, tidak ada masalah. Saya belum menemukan adanya penolakan," katanya, Minggu (20/11/2022).

BACA JUGA: Pendaftaran PPK dan PPS Kulonprogo untuk Pemilu 2024 Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Dia menambahkan sebagian besar warga justru berharap adanya percepatan pemberkasan dan memberikan persetujuan melalui konsultasi publik.

Menurutnya konsultasi publik akan dilakukan pada Desember 2022 mendatang tanpa harus menunggu terselesaikan sosialisasi Jogja-YIA untuk terdampak di Sleman dan Bantul.

"Pada konsultasi publik akan memberikan pernyataan tertulis persetujuan akan jadi pegangan. Saat sosialisasi di Kalurahan itu warga terdampak di sangat antusias untuk mempercepat proses pemberkasan," katanya.

Sosialisasi selanjutnya akan digelar pada Senin (21/11/2022) menyasar enam kelurahan di Kapanewon Temon. Dibagi menjadi dua yaitu bertempat di Kelurahan Palihan pukul 10.00 WIB terdiri atas Kalurahan Palihan 79 bidang; Kalurahan Janten 141 bidang; Kalurahan Karangwuluh 19 bidang; dan Kalurahan Sindutan 23 bidang.

Advertisement

Sedangkan di Kelurahan Kebonrejo digelar pukul 13.00 WIB terdiri atas dua kalurahan yaitu Kalurahan Temonkulon 21 bidang dan Kalurahan Kebonrejo menyasar sebanyak 361 bidang.

"Dengan demikian pada sosialisasi Senin akan menyasar sebanyak 644 bidang," ucap dia.

Krido menambahkan untuk jadwal Selasa (22/11/2022) masih di Kapanewon Temon dengan menyasar tiga kalurahan dan Kapanewon Kokap satu kelurahan. Terdiri atas Kulur 141 bidang, Kaligintung 115 bidang dan Temonwetan ada 137 bidang. Adapun tempat sosialisasi untuk Kapanewon Temon dijadwalkan di Kantor Kelurahan Kaligintung.

Advertisement

"Sedangkan sosialisasi di Kapanewon Kokap bertempat di Kelurahan Hargorejo dengan menyasar 132 bidang lahan," ucapnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Sederet Situs Live Streaming Gratis untuk Nonton Piala Dunia 2022

News
| Sabtu, 26 November 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement